Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Jaenudin Warga Tamansari Adalah Ahlinya Ahli Mesin Molen

Rabu, 07 Juli 2021 | 13:56 WIB Last Updated 2021-07-07T06:56:41Z



Pati, fajarharapan.id -Pengecoran jalan sepanjang 1.450 meter dengan lebar 2,6 meter, di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, ditargetkan satu bulan selesai melalui TMMD Reguler 111 Kodim 0718/Pati.


Pencapaian hasil tak terlepas dari antusiasnya warga Tamansari yang membantu pekerjaan walaupun tidak terjadwal, sehingga mesin molen dipaksa kerja keras dan buntutnya adalah kerusakan.


Dibenarkan Serka Amino, anggota Koramil 16/Jaken, yang memperkuat Satgas TMMD, pengecoran jalan sudah memasuki perkampungan penduduk di Desa Jaken, dengan hasil sekitar 75%.


Dengan penggunaan mesin yang terus menerus tentu dapat mempengaruhi kekuatan mesin itu sendiri. Dalam penggunaannya tidak dapat dihindari lagi cepat lambat akan mengalami gangguan atau kerusakan . memang mesin ada batasan dalam penggunaanya dan sebagai bikinan manusia juga mempunyai banyak kelemahan dan daya pakai yang terbatas .Seperti halnya yang terjadi dengan salah satu mesin molen yang di gunakan untuk mengaduk material cor salah satunya sedang mengalami gangguan pada mesinnya .


Rusaknya alat aduk ini sebab, usai mesin sudah tua. Mesin pemutar mengalami kerusakan karena gigi putarnya aus dan harus diganti. Bukan masalah besar bagi TNI, hanya mengganti keausan gigi yang ada, Setelah diservis, alat molen sudah bisa dinyalakan kembali. Tidak lupa bahan bakar dan oli diisikan ke mesin agar aman dan tidak rusak. Meski demikian, alat molen itu sangat bermanfaat bagi proses rabat jalan di Desa Tamansari.


“Untuk mengatasi kerusakan alat kerja yaitu molen, perbaikan harus segera dilakukan agar tidak menghambat pasokan adukan semen cor jalan,” ujarnya.

ADSEN KIRI KANAN