Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Gubernur Mahyeldi: "Jangan Terlantarkan Orangtua Ketika Lansia"

Sabtu, 03 Juli 2021 | 12:10 WIB Last Updated 2021-07-03T05:10:48Z
Suasana peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-25 di aula Universitas Baiturrahmah, Sabtu (3/7).


Padang, fajarharapan.id - Gubernur  Sumbar H.Mahyeldi mengimbau warga jika orangtuanya masih hidup untuk tidak menelantarkannya.


"Saya imbau warga Sumatera Barat, marilah bahagiakan orangtua kita di usia  tuanya, jangan sampai mereka kita ditelantarkan," tegas Mahyeldi secara virtual dalam sambutannya pada Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-25 di aula Universitas Baiturrahmah, Sabtu (3/7).


Acara peringatan HLUN pertama kalinya diadakan di Sumatera Barat menghadirkan 60 orang Lansia dari berbagai kabupaten kota dan Panti Jompo Sicincin dan Batusangkar. 


Acara HLUN ke-25 diselenggarakan oleh Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Sumatera Barat yang diketuai oleh mantan Sekda Sumbar Ali Asmar. 


Selain Ali Asmar dan pengurusnya  hadir juga Rektor Universitas  Baiturrahmah Prof Dr.Musliar Kasim,  Kadis Sosial  Sumbar Junaidi dan Kadis Kesehatan Sumbar Arry Yuswandi.


Gubernur menyebutkan kasus penelantaran orangtua oleh anaknya ini pernah terjadi di Kota Padang. "Pernah ada orang tua ditinggal oleh anaknya di pinggir laut. Saya harap,  kejadian menelantarkan orangtua seperti itu  cukup sekali itu saja terjadi,  jangan terulang lagi," kata Mahyeldi. 


Acara peringatan HLUN ini, kata Mahyeldi sangat tepat memilih Lanjut Usia Bersama Keluarga, karena memang orangtua tidak boleh dipisahkan dari keluarga terutama anak anak dan cucu cucunya. 


"Anak anak dan keluarga harus mendampingi  orangtua mereka masing masing terutama  yang telah  berusia lanjut," katanya. 


Tanggung jawab memelihara orangtua adalah perintah agama sebagaimana Hadist Rasulullah. "Membahagiakan orang tua adalah ibadah,  anak anak yang memberikan kebahagiaan kepada orang tuanya diganjar Allah dengan pahala yang besar," kata Gubernur. 


Tak lupa gubernur mengingatkan menjaga  Prokes dan memperkuat Iman dan Immun. "Covid-19 belum berakhir, tetap perkuat iman dan imun," katanya. 


Sebelum sambutan Gubernur ketua LLI Sumbar  dalam pidatonya mengatakan, organisasi LLI ini memang bertujuan  untuk membahagiakan Lansia di keluarga masing masing. 


"Kita mengajak semua keluarga untuk membahagiakan orang orang tua atau Lansia di keluarganya," kata Ali Asmar. 


Rektor Musliar Kasim mengapresiasi pelaksanaan HLUN di kampus yang dipimpin nya. 


"Sudah empat tahun di universitas ini membuka Prodi Lansia,  baru sekarang ada peringatan HLUN, kami bangga dan menghargai benar. Silakan dipakai sarana kampus ini untuk kegiatan Lansia dan LLI," kata Musliar. (khudri)

ADSEN KIRI KANAN