Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Dinas Koperindag Tanah Datar Tera Ulang Alat Ukur Pedagang di Tiga Pasar

Selasa, 13 Juli 2021 | 15:41 WIB Last Updated 2021-07-13T09:46:50Z
Suasana tera ulang alat ukur pedagang di Pasar Sungayang


TANAH DATAR
- Kesadaran pedagang taati Tera Ulang Alat Ukur hasillkan prestasi nasional pada tahun 2018 dan 2019


Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Tanah Datar melakukan tera ulang alat ukur/timbangan pedagang ke Pasar dalam Kabupaten Tanah Datar.


Pelaksanaan Tera Ulang, dengan kata lain mengakurkan timbangan pedagang menjadi Tugas pokoknya Dinas Koperindag yang berada dibawah Bidang Perdagangan dalam rangka penertiban timbangan  pedagang sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pedagang pasar terus neningkat.


Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar, Dafrizal didampingi Kabid Perdagangan, Yorri Irawan dan Kasi Pengawasan Yeri Trianda menjelaskan, Diskoperindag Tanah Datar akan melakukan Tera Ulang timbangan pedagang ke 3 di Tanah Datar, yaitu Pasar Sungayang, Batusangkar dan Pasar Rambatan.


"Kami akan kumpulkan pedagang yang menggunakan alat ukur  timbangan ke-tiga pasar tersebut untuk dilakukan penertiban kelayakan timbangan dan bagi alat ukurnya tidak layak pakai maka, diingatkan untuk ditukar, bagi timbangannya yang tidak akur akan dibantu pengkirannya" ungkapnya.


Dijelaskan bahwa, timbangan yang layak yang boleh dipakai pedagang adalah timbangan yang telah ditentukan oleh Undang-undang, sedangkan timbangan seperti yang bahan dasarnya plastik tidak dibolehkan dalam undang-undang, apabila terdapat pedagang yang menggunakan alat ukur/ timbangan yang terbuat dari plastik maka akan diberikan sosialisasi dan peringatan supaya diganti.


Untuk pedagang yang menggunakan alat ukur timbangan yang layak tetapi tidak akur disebabkan aus karena lama  dipakai atau mengalami kerusakan akan dilakukan tera /petbaikan oleh reperatir (petugas) yang telah disiapkan untuk itu.


Sementara reperatir  yang akan melaksanakan operasional tera ulang alat ukur pedagang ini  didatangkan dari UPT Metrologi Solok, karena Koperindag Tanah Datar sampai saat ini belum mempunyai pegawai dan alat yang dapat melakukan Tera ulang Alat ukur pedagang, Ungkap Kadis Koperindag.

Tera ulang di aalahsatu SPBU Batusangkar.


Dampak dari kepatuhan pedagang, apabila semua pedagang memiliki alat ukur yang layak jelas akan meningkatkan kepercayaan  masyarakat terhadap pedagang dan  ekonomi masyarakat akan meningkat sebagaimana tertuang dalam visi dan misi pemerintah meningkatkan ekonomi masyarakat, jelasnya.


Menurut Dafrizal lagi, berkat kerjasama yang baik selama ini pedagang dengan Dinas Koperindag dalam upaya menumbuhkan kesadaran dalam kesahihan alat ukur ini, termasuk juga alat ukur SPBU Alhamdulillah pada tahun 2018 dan 2019 Tanah Datar berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Pasar Tertip Ukur Tingkat Nasional.


"Kita berharap tahun ini dan seterusnya pedagang kita akan  selalu mempunyai kesadaran tinggi memperhatikan pentingnya keakuratan alat ukur yang digunakan dalam berdagang, bukan karena penghargaan, tetapi penghargaan itu diterima karena pedagang kita memang taat aturan," ungkap Dafrizal.


Kesadaran pedagang untuk tetap mengakuratkan alat timbangnya perlu dipertahankan terus untuk masa-masa yang akan datang sehingga masyarakat tetap memiliki kepercayaan kepada pedagang pasar Tanah Datar dan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pasar akan lebih meningkat.(V.St.Saidi)


ADSEN KIRI KANAN