Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Daerah Sekotong Butuh Disiapkan UPT Damkar

Sabtu, 10 Juli 2021 | 22:26 WIB Last Updated 2021-07-10T15:26:22Z
.


Lombok Barat, fajarHarapan.id - Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) butuh disiapkan sarana prasarana keselamatan seperti Unit Pelaksana Teknis (UPT) pemadam kebakaran (Damkar). UPT itu untuk mencakup pelayanan kecamatan Sekotong dan Lembar. 


Apalagi kalau mengacu janji politik pasangan Fauzan-Sumiatun (Zaitun) akan menyiapkan tiga UPT Damkar masing-masing di wilayah tengah, Utara dan Selatan. Sejauh ini yang baru bisa direalisasikan di Kecamatan Batulayar untuk wilayah selatan. 


Menanggapi hal itu, Dinas Pemadam Kebakaran Lobar pun mengaku akan mengusulkan UPT Damkar Sekotong pada APBD 2022. 


"Kita usulkan pembentukan UPT Damkar di Sekotong (mencakup pelayanan Sekotong dan Lembar) pada tahun 2022, Kalau belum bisa UPT ya pos Damkar lah," tegas kepala Dinas Damkar M Sahlan, dikonfrimasi, Sabtu (10/7/2021). 


Pihaknya akan buat surat ke bupati untuk menyampaikan usulan ini dengan menembuskan ke pihak TAPD dan DPRD. Selain itu, Pihaknya sudah menyampaikan hal ini ke Wabup. 


Untuk UPT ini sendiri sudah siap lahannya di Sekotong. Namun untuk sementara, pihaknya akan memakai eks kantor camat sebagai kantor. Menurutnya sangat penting UPT di Sekotong, karena Damkar itu tidak hanya memadamkan kebakaran namun operasi penyelamatan terhadap semua yang membahayakan manusia.


"Dengan adanya UPT di Sekotong untuk melayani dua kecamatan (Sekotong-Lembar) bisa memperpendek rentang kendali penanganan kebakaran dan penyelematan," ujarnya. 


Bayangkan saja kata dia, kalau terjadi kebakaran di Bangko-bangko jarak rentang kendali jauh dari Gerung. Tidak bisa ditempuh dua jam, begitu petugas Damkar tiba di lokasi kebakaran mungkin sudah parah. 


Untuk itulah, Pemda harus sudah mulai memikirkan itu. Lebih-lebih di Sekotong, selain daerahnya kering, sehingga rawan kebakaran. Di daerah ini juga ada depo LPG yang memiliki kerawanan. UPT Damkar dan resque memang harus ada di sana. (AE)

ADSEN KIRI KANAN