Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Ganting Padang Panjang Juara 1 Kelurahan Berprestasi Sumbar 2021

Rabu, 14 Juli 2021 | 15:45 WIB Last Updated 2021-07-14T08:46:11Z

.

Padang Panjang - Kelurahan Ganting, Kec. Padang Panjang Timur akhirnya ditetapkan menjadi Juara 1 Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Sumbar tahun 2021. "Nilainya paling tinggi, penuh inovasi dan tanggap dalam penanganan Covid-19," kata Gubernur Sumbar diwakili Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Drs. H. Syafrizal Ucok, MM., Selasa (13/7).


Penyerahan SK Gubernur Sumbar atas prestasi Kelurahan Ganting dilakukan langsung oleh Kadis PMD Sumbar Syafrizal Ucok kepada Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Dt. Panduko Malano didampingi Lurah Ganting Januardi, SE dalam acara terbatas di Auditorium Rumah Dinas Walikota Padang Panjang.


Hadir dalam acara penyerahan SK Gubernur dan Sosialisasi Pengendalian Covid-19 itu nara sumber utama Tenaga Ahli Kemenkes DR dr Andani Eka Putra, M.Sc., Forkopimda Padang Panjang, Ketua TP PKK, sedangkan Kepala OPD, Lurah se Padang Panjang dan Ketua Ormas mengikuti acara secara online melalui zoom meeting.


Menurut Syafrizal Ucok, keberhasilan Kelurahan Ganting ini harus terus dibenahi dan ditingkatkan, karena dalam waktu dekat akan dinilai oleh Tim Nasional Penilai Lomba Kelurahan Berprestasi 2021. "Sebagai wakil Sumbar maka Kelurahan Ganting menjadi tanggung jawab Pemprov dan Pemko Padang Panjang untuk bisa memenangkan lomba tingkat nasional," kata Syafrizal Ucok, mantan Wakil Bupati Pesisir Selatan 2005-2010 ini.


Pada Lomba Kelurahan Berprestasi tahun 2019 lalu, kata Syafrizal Ucok, Sumbar berhasil menjadi juara 2 nasional yang diwakili Kelurahan Manggis Gantiang, Kota Bukittinggi. Karena itu keikutsertaan dalam Lomba Kelurahan Berprestasi 2021 ini merupakan suatu tantangan berat mempertahankan gelar juara.


Secara urutan, juara 1 Kelurahan Ganting, disusul juara 2 Kelurahan Campago Guguk Bulek Kec. Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi, juara 3 Kelurahan Tanjung Pauh Kec. Payakumbuh Timur dan Kelurahan Tanjung Paku Kec. Tanjung Harapan Kota Solok.


Walikota Padang Panjang Fadly Amran dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Tim Penilai Lomba Kelurahan Berprestasi 2021 yang telah melakukan penilaian dengan baik, dan menghasilkan Kelurahan Ganting sebagai juara 1 tingkat Sumbar.


Tekad Walikota adalah mengantarkan Kelurahan Ganting menjadi juara nasional. Banyak kelebihan Kelurahan Ganting, antara lain pelayanan kependudukan digital, pemberdayaan ekonomi masyarakat, kepedulian terhadap anak yatim dan penanganan Covid-19 berbasis kearifan lokal masyarakat.


Sementara itu DR Andani Eka Putra dalam paparannya menyampaikan bahwa obat Covid-19 paling ampuh adalah protokol kesehatan, tiada bandingnya. "Siapa yang paling melaksanakan protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan, maka dialah yang paling terhindar dari Covid-19," ujar Andani Eka Putra.


DR Andani Eka Putra mengharapkan agar masyarakat Padang Panjang meningkatkan jumlah vaksinasi Covid-19 untuk menciptakan herd imunity. Selain itu, masyarakat yang sudah divaksinasi akan lebih kuat imun tubuhnya jika terpapar Covid-19. "Vaksinasi bukan jaminan terhindar Covid-19, tetapi adalah ikhtiar untuk kuat melawan Covid-19," kata Andani Eka Putra.


Pakar penyakit infeksi ini berharap setiap kelurahan di Padang Panjang menyiapkan rumah isolasi. Hal ini untuk menghadapi jika terjadi ledakan jumlah positif Covid-19. Mereka yang bergejala ringan dan sedang dapat dirawat di rumah isolasi karena RS tidak akan mampu menampung jumlah pasien Covid-19. (rel)


ADSEN KIRI KANAN