Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Berburu Rosok Hasilkan Ratusan Ribu Rupiah Sehari

Kamis, 01 Juli 2021 | 10:58 WIB Last Updated 2021-07-01T03:58:23Z


Pati, Fajarharapan.id -Kisah menyentuh hati datang Sukarni warga Dukuh Kemiri RT.02/02, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, ia adalah seorang yang berprofesi jual beli barang bekas. Dirinya tetap bersyukur meski memiliki penghasilan tidak terlalu besar, namun bisa untuk menyambung hidup. Wanita berusia 42 tahun tersebut setiap harinya berkeliling dari desa ke desa mencari barang bekas (rosok) untuk dijualnya.


Dari hasil jual beli barang bekas itu, Sukarni mendapatkan uang sekitar seratus lima puluh rupiah hingga dua ratus ribu rupiah setiap harinya. Dengan penghasilan tersebut, Sukarni bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Bahkan, dirinya kini bisa membeli sepeda motor bekas untuk berkeliling kampung berburu barang bekas.


Terlihat Sukarni sedang  dibantu Serda Sukarji anggota Satgas TMMD Reguler ke-111 Kodim Pati yang kebetulan sedang bertugas di desa setempat. Ia dibantu Sukarji menurunkan barang-barangnya yang akan dijual ke pengepul barang bekas di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Rabu (30/6/2021).


Ketika diajak berbincang-bincang oleh Sukarji, Sukarni mengatakan bahwa pekerjaan ini sudah dilakoni bertahun-tahun hingga sekarang ini. Dirinya mengaku, setiap harinya mendapatkan penghasilan paling sedikit seratus lima puluh ribu rupiah. Kalau pas nasib lagi baik bisa mendapatkan hasil dua ratus ribu rupiah.


"Alhamdulillah pak, hari ini saya mendapat barang yang cukup banyak sampai sepeda motor saya tidak nampak tertutup barang. Dengan jual beli barang bekas ini saya bisa menabung dan menyekolahkan anak-anak saya. Dan yang terpenting bisa membantu penghasilan keluarga," ucap Sukarni.


Lanjut Sukarni, setiap hari keliling desa-desa di wilayah Kecamatan Jaken, Jakenan dan masih bisa jauh lagi. Ukurannya keranjang ini sudah penuh ya pulang, dan langsung setor disini," pungkasnya. (0718)

ADSEN KIRI KANAN