Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Baznas Pessel Bantu Bedah Rumah Warga

Jumat, 23 Juli 2021 | 12:47 WIB Last Updated 2021-07-23T08:47:55Z

 

Pengurus Baznas Pesisir Selatan saat menyerahkan bantuan dana bedah rumah pada warga Muara Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti. (ist)



Painan - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menyerahkan bantuan dana bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada Sariaji, warga Kampung Muara Air Haji, Nagari Pasar Lama Muara Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Rabu (21/7).


Penyerahan bantuan dana bedah RTLH senilai Rp 20 juta itu dilakukan oleh pengurus Baznas Pesisir Selatan, Junisman dan Yusfardison serta disaksikan unsur pemerintah kecamatan, TNI, Polri, pemerintah nagari dan lainnya.


Pada hari berikutnya, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan kembali menyalurkan bantuan dana untuk bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi masyarakat kurang mampu.


Kali ini bantuan disalurkan untuk bedah rumah sebanyak 2 unit di Kampung Marelang dan Kampung Baru, Nagari Koto VIII Pelangai, Kecamatan Ranah Pasisir.


Bantuan bedah rumah sebesar Rp 20 juta per unit itu diserahkan langsung oleh pengurus Baznas Kabupaten Pesisir Selatan, Gusmal melalui Bamus dan kepala kampung setempat, Kamis (22/7).

Ketua Baznas Kabupaten Pesisir Selatan, Yuspardi kemarin mengatakan, penerima bantuan bedah rumah merupakan warga miskin yang memiliki rumah tidak layak huni.


"Alhamdulillah mereka mendapat bantuan untuk biaya bedah rumah dari Baznas Pesisir Selatan yang diserahkan langsung kepada yang bersangkutan," ucapnya.


Dijelaskan, dana tersebut dimanfaatkan untuk pembelian bahan bangunan. Sedangkan pekerjaan bedah rumah dilaksanakan oleh masyarakat, terutama famili yang bersangkutan secara swadaya.


Disebutkan, kondisi rumah warga itu sangat tidak layak dan memprihantinkan. Umumnya konstruksi rumah terbuat dari kayu dan banyak yang lapuk.


Lebih lanjut dikatakan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan tetap memprioritaskan bantuan bedah RTLH.


"Betul, bantuan bedah rumah tidak layak huni itu menjadi salah satu program prioritas Baznas tahun 2021. Karena masih adanya warga kurang mampu yang belum memiliki rumah layak huni," ungkapnya.


Disebutkan, bedah rumah akan dilaksanakan pada sejumlah lokasi dengan alokasi dana Rp 20 juta per unit. Bantuan bedah rumah itu dilakukan sesuai mekanisme yang ada, dan tetap dilakukan pengawasan," ucapnya.


Sementara itu, Sariaji, salah seorang penerima bantuan bedah rumah dari Baznas Pesisir Selatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memperjuangkan bantuan bedah rumah tersebut.(*)

ADSEN KIRI KANAN