Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Anggota Satgas TMMD Belajar Membetulkan Alat Bajak Sawah Milik Warga

Jumat, 02 Juli 2021 | 14:02 WIB Last Updated 2021-07-02T07:02:09Z



Pati, Fajarharapan.id -  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 111 Kodim Pati yang saat ini sedang berlangsung diDesa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, yang sebagian masyarakatnya menggantungkan pekerjaan disektor pertanian. Tentu saja dalam bidang pertanian diperlukan alat pendukung yang memadai untuk mengolah tanah tersebut sehingga cepat ditanami. Banyak diantaranya warga yang mempunyai mesin traktor bajak sawah.


Seperti yang dimiliki Karyono (47) warga Dukuh Kemiri, Desa Tamansari yang memutuskan untuk membeli tracktor bajak sawah karena dihitung-hitung lebih menghemat biaya dan waktu penggarapan bila dikerjakan secara manual. Meskipun awalnya mengeluarkan modal yang cukup besar. Saat ini traktornya dalam perbaikan, anggota satgas TMMD Serda Jondri yang saat itu memanfaatkan waktu istirahat untuk membantu memperbaiki tracktor kemudian saling berbincang-bincang. Kamis (01/06/2021)


Dikatakan oleh Karyono jika traktor yang ia miliki usianya sudah cukup tua sehingga perlu diservis, "Saya kalau sekedar pembenahan servis ringan cukup kerjakan sendiri tapi bila sudah mengganti part ya harus memanggil teknisi nya," terang Karyono


Sementara itu Serda Jondri yang turut membantu dalam servis traktor mengatakan, jika dirinya selain belajar cara perawatan traktor juga sambil mempererat keakraban dengan warga. Dan juga berbekal pengalamannya selama menimba ilmu di STM jurusan mesin ia coba ingat-ingat kembali.


"Saya sambil belajar membetulkan mesin dari pak Karyono juga sambil mengingat dulu sewaktu sekolah STM. Memang untuk mesin traktor sedikit ada persamaan dengan mesin lain hanya beda perawatannya," ungkapnya

ADSEN KIRI KANAN