Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Aduhai.. Indahnya Objek Wisata di Sekotong, Mau Tahu? Baca Selengkapnya

Minggu, 11 Juli 2021 | 11:04 WIB Last Updated 2021-07-11T04:05:09Z

Salah satu titik keindahan objek wisata di NTB.


Lombok Barat, FajarHarapan.id - Kecamatan Sekotong salah satu kecamatan yang berlokasi di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), wilayah ini terkenal dengan sumber daya alam melimpah. Mulai dari sektor pariwisata dan lainnya. 


Sekotong menawarkan berbagai jenis wisata yang sangat menarik dengan sajian alam yang beragam, mulai dari pegunungan atau dataran tinggi, hingga berbagai wisata pasir putih lainnya. Bagi kamu yang memiliki budget yang tipis pun tidak ada masalah.


Sektor pariwisata yang saat ini tengah berkembang dengan sudah banyak dibangunnya vila, hotel dan tempat penginapan. Tidak heran jika di sini banyak terdapat tempat wisata bernuansa alam asri. Kamu bisa menikmati area pegunungan, bermain di pinggir pantai pasir putih sambil melihat sunset yang begitu indah. 


Dari luas wilayah sekotong kurang lebih 529,38 Kilometer persegi. Dengan kondisi topografi dan potensi yang dimiliki, membuat sekotong menjadi mendunia. 


Wisata pesisir pantai sekotong bisa menjadi destinasi pelepas penat yang menyenangkan. Letak sekotong yang tidak terlalu jauh dari ibukota NTB, tentunya dapat menjadi pilihan tepat untuk liburan sejenak. Apalagi, banyak keindahan alam yang ditawarkan oleh sekotong. 11/7/2021


Sekotong mempunyai Tujuh tempat berwisata, mulai dari pantai pasir putih dan beberpa gili yang dapat Anda kunjungi. Selain itu. Sekotong mempunyai jarak tempuh sekitar 60 km dari kota Mataram, yang dijadikan ibukota NTB. Anda bisa menggunakan berbagai jenis moda transportasi, sebab infrastruktur menuju pantai ini cukup bagus.


1. Pantai Mekaki

Pantai ini berada di wilayah bagian selatan Sekotong. Anda membutuhkan waktu perjalanan selama 2 jam apabila berangkat dari kota Mataram. Meskipun cukup jauh dijamin Anda tak akan merasa lelah, sebab sepanjang jalan banyak sekali pemandangan indah perbukitan, peternakan, dan beberapa gili.


Bagi Anda yang menyukai olahraga surfing, Mekaki adalah obyek wisata di Sekotong Lombok yang wajib dikunjungi, sebab di sini ombaknya cukup besar. Selain itu, Anda juga bisa bersantai menikmati sunrise di atas pasir putih. Tak boleh dilewatkan, pemandangan pantai yang diapit oleh perbukitan dapat Anda jadikan tambahan koleksi foto landscape.


Kemudian untuk masuk ke Pantai Mekaki Anda hanya perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp 5.000. Sesampainya di Pantai Mekaki Anda akan disambut dengan hamparan laut yang menakjubkan. Airnya begitu jernih dengan warna hijau tosca di bagian tepi dan kebiruan di tengahnya.


2. Desert Poin

Objek wisata di Sekotong Lombok selanjutnya juga surganya para pecinta selancar atau surfing. Terbukti, banyak sekali peselencar kelas dunia yang berkunjung ke sini untuk menikmati ombak pemicu adrenalin. Bahkan, Desert Poin juga menempati urutan ke 6 dalam daftar 10 pantai tujuan surfing dengan ombak terganas versi International Surfing Association. Bagi Anda yang ingin mendapatkan ombak sempurna, maka datanglah ke Desert Poin pada bulan Mei hingga Oktober.


3. Pantai Nambung

Salah satu pantai diwilayah Sekotong yang memang di peruntukkan untuk berwisata bahari. Pantai Nambung juga merupakan destinasi wisata yang menawarkan keindahan luar biasa. Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, sehingga ombaknya begitu besar dan bergulung-gulung.


Bagi Anda yang menyukai tantangan bisa mencoba berselancar. Selain itu, pemandangan yang cukup mencuri perhatian wisatawan adalah adanya Air Terjun Asin Tanjung. Ombak yang begitu besar dari sisi timur dan selatan menghantam jajaran batu karang tinggi yang berada di tepi pantai.


Fenomena air yang turun akibat hantaman ombak itu kemudian terlihat layaknya air terjun. Bagi Anda yang ingin datang ke Pantai Nambung dengan titik awal di Kota Mataram, maka lama perjalanannya sekitar satu setengah jam. Sementara harga tiket yang perlu Anda bayar cukup Rp 10.000.


4. Gili Kendis

Gili Kendis merupakan pulau mungil tak berpenghuni yang memiliki pesona alam begitu indah. Untuk sampai di gili ini Anda perlu melakukan penyebrangan dengan perahu dari Pantai Sekotong. Waktu perjalanan hanya sekitar 30 menit. Sesampainya di sana Anda harus membayar tiket masuk Rp 5.000.


Tempat ini adalah rekomendasi terbaik untuk Anda yang mencari tempat wisata di Sekotong Lombok dengan suasana menenangkan. Masih belum banyaknya orang yang menjamah membuat pulau ini masih begitu asri dan terjaga kealamiannya.


Gili Kendis mempunyai lautan begitu jernih serta terumbu karang nan cantik. Sehingga banyak wisatawan yang menghabiskan waktu mereka dengan snorkeling. Tak kalah seru, Anda juga bisa membakar ikan di tepi pantai kemudian menikmatinya bersama keluarga.


5. Gili Layar

Destinasi gili lain yang tak kalah menakjubkan adalah Gili Layar. Sama seperti sebelumnya, Anda perlu melakukan penyebrangan untuk samapai ke pulau ini.


Penyebrangan dapat dilakukan dari Pelabuhan Tembawong dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Selama perjalanan dijamin Anda akan berdecak kagum karena indahnya pemandangan pegunungan Sekotong.


Gili layar merupakan surganya pecinta terumbu karang. Hanya dengan berjalan sekitar 10-20 meter dari bibir pantai Anda sudah bisa melihat aneka terumbu karang yang begitu cantik.


Bahkan di sini ada jenis terumbu karang yang cukup langka, yakni blue coral. Anda tak pelu khawatir, ombak di Gili Layar sangat tenang. Sehingga Anda bebas berenang, snorkeling, diving dengan aman.


6. Ekowisata Mangrove Bagek Kembar

Anda sedang merencanakan liburan bersama anak-anak? Ekowisata Mangrove Bagek Kembar dapat menjadi pilihan terbaiknya. Sebab konsep yang di tawarkan berupa wisata sekaligus edukasi. Ada banyak sekali kegiatan seru yang akan Anda lakukan di sini.


Mulai dari berpetualangan menyusuri tambak ikan, menjelajah sungai, belajar secara langsung tentang mangrove sampai menanamnya, dan melihat beberapa jenis burung. Soal pemandangan tak perlu diragukan lagi.


Semua bagian tempat ini tertata rapi dan semakin lengkap dengan pemandangan pesisir Sasak yang begitu memposana. Jika berkunjung ke ekowisata ini Anda harus mencoba menu kulinernya.


Cara menuju Ekowisata Mangrove Bagek Kembar bisa dilakukan dengan berbagai moda transportasi. Jika Anda memulai perjalanan dari kota Maram, maka waktu yang diperlukan sekitar 1 jam. Kabar baiknya, Anda tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk menghabiskan liburan di ekowisata ini.


7. Buwun Mas Hills

Saat ini Buwun Mas Hills sedang menjadi obyek wisata di Sekotong Lombok yang banyak diperbincangkan pecinta travelling. Pasalnya, savana ini memiliki pemandangan yang begitu indah. Untuk mencapai lokasi, Anda perlu melewati jalanan selebar 2 meter yang berbatu dan menanjak.


Jaraknya sekitar 2 km dari jalan raya utama desa. Namun tak perlu khawatir, di sini telah disediakan fasilitas ojek dengan tarif Rp 5.000. Sementara harga tiket masuknya juga sebesar Rp 5.000. Rasa lelah Anda dijamin terbayar lunas setelah sampai di savana. Hamparan luas ilalang tumbur subur dan cantik.


Kemudian semakin lengkap dengan adanya latar belakang berupa perbukitan serta pantai. Sungguh spot terbaik bagi Anda yang suka mengambil foto. Tak kalah menarik adalah udaranya yang begitu sejuk membuat tubuh semakin relaks. (AE)

ADSEN KIRI KANAN