Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Acara Sedekah Bumi Di Desa Tamansari Dipantau Aparat Keamanan

Senin, 12 Juli 2021 | 17:15 WIB Last Updated 2021-07-12T10:15:04Z



Pati, Fajarharapan.id - Kegiatan Sedekah Bumi atau biasa disebut kegiatan Bersih Desa merupakan kegiatan sakral yang wajib dilaksanakan bagi masyarakat desa, khususnya bagi masyarakat Jawa. Tidak terkecuali Di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, tempat digelarnya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler-111 Kodim 0718/Pati, sedang menggelar acara Sedekah Bumi yang dipusatkan di Balai desa.


Pelaksanaan acara Sedekah Bumi kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pasalnya saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. Acara tetap dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang super ketat dan warga dibatasi seminimal mungkin.


Seperti terlihat saat ini, Babinsa Tamansari Sertu M. Jumroni bersama Bhabinkamtibmas dan tokoh masyarakat setempat sedang memantau kegiatan tersebut. Hal ini dilakukan guna menertibkan warga yang hadir tidak menimbulkan kerumunan, Minggu (11/10/2021).


Sementara Babinsa Tamansari menjelaskan, saat ini dirinya sedang memantau kegiatan acara Sedekah Bumi di wilayah desa binaan bersama Bhabinkamtibmas. Kali ini sedang ada petunjuk wayang kulit dengan cara Climen (disederhanakan red) mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19 dan wayang kulit yang merupakan syarat mutlak juga harus dilaksanakan.


"Dengan demikian acara tetap bisa dilaksanakan, namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini sudah sesuai dengan himbauan pemerintah, boleh mengadakan acara Sedekah Bumi, dengan syarat protokol kesehatan Covid-19 harus diperhatikan dan peserta dibatasi guna mencegah pengeboran virus Covid-19," ujar Sertu M. Jumroni. (0718)

ADSEN KIRI KANAN