Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Stok Pakan Sapi, Mbah Slamet Dibantu Satgas TMMD Ambil Jerami Kering

Minggu, 27 Juni 2021 | 09:27 WIB Last Updated 2021-06-27T02:27:10Z



Pati, Fajarharapan.id -Di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati Sebagian warga telah melaksanakan panen padi, setelah berlangsungnya panen padi banyak diantaranya jerami yang menumpuk disawah hingga kering. Jerami padi merupakan salah satu limbah pertanian yang cukup besar jumlahnya dan belum sepenuhnya dimanfaatkan, namun didesa Tamansari sudah banyak yang memanfaatkan untuk pakan sapi.


Dari sekian warga yang memanfaatkan jerami kering salah satunya adalah Slamet (71) warga Dukuh Pandahan, Desa Tamansari, saat mengumpulkan jerami yang tak jauh dari lokasi pekerjaan TMMD pada pembangunan jalan betonisasi, Sertu Maryono anggota satgas TMMD yang saat itu sedang istirahat segera menghampiri dan ikut membantunya. Sabtu (26/06/2021)


"Saat saya tanya mbah Slamet gunanya jerami kering dia bilang untuk pakan ternak sapi, yang nantinya jerami ini akan ditumpuk dikandang sapinya dan dijadikan simpanan pakan sapi," terang Maryono.


Sementara itu Slamet yang nampak sibuk mengikat jerami kering, yang kemudian akan ia angkut dengan gerobak dorong nya mengatakan bahwa jerami kering juga sebagai stok mengantisipasi musim kemarau tiba. Dalam pemberian pakan nantinya akan difermentasi sehingga jerami mudah dicerna oleh sapi.


"Terimakasih saya sudah dibantu ambil jerami pak Tentara. Jeraminya mau saya tampung buat stok pakan sapi, dulu saya ikut pelatihan cara fermentasi jerami buat pakan sapi, ya Alhamdulillah sekarang sudah bisa buat sendiri caranya," ungkapnya.

ADSEN KIRI KANAN