Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Satu-satunya Desa Di Wilayah Kabupaten Pati Penghasil Buah Siwalan dan Kue Dumbek

Jumat, 11 Juni 2021 | 14:17 WIB Last Updated 2021-06-11T07:17:15Z

 



Pati, Fajarharapan.id -Ada yang baru ketika TMMD Reguler ke-111 Kodim 0718/Pati di gelar di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati. Pohon Siwalan (lontar) banyak tumbuh di desa tersebut, sehingga sebagian warga memanfaatkan bunga, buah dan daunya untuk  di buat minuman legen, dikonsumsi buahnya dan dijadikan bungkus kue dumbek.


Satu lagi yang khas dari Desa Tamansari yaitu kue Dumbek, sejenis jajanan tradisional yang khas  baik dari bentuk dan rasanya. Dumbek adalah makanan atau jajan pasar yang banyak dijual di pasar tradisional, berbahan tepung beras dan gula, bentuknya seperti terompet yang bungkusnya dari lilitan daun siwalan. Bau daun siwalan membuat kue dumbek mempunya ciri khas tersendiri. Persebaran dumbek ini berada di Rembang, Tuban, Lamongan, Gresik karena masih terdapat pohon siwalan disekitarnya.


Menurut keterangan Babinsa setempat Sertu Jumroni, Desa Tamansari masih banyak terdapat pohon lontar atau yang biasa di sebut dengan pohon siwalan. Karena secara geografis terletak Desa Tamansari berbatasan langsung dengan dengan Barat-daya Kabupaten Rembang yang juga banyak tumbuh pohon siwalan.


"Tidak heran kalau di Desa Tamansari banyak dijumpai penjual legen, dumbek dan buah siwalan. Meraka memanfaatkan hasil pohon siwalan dilahan miliknya sendiri untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari" tuturnya. (0718).

ADSEN KIRI KANAN