Notification

×

adsense-BAWAH-HEADER

Iklan

Tiga Gempa Goncang Samudera Hindia Kawasan Sumatera

Senin, 03 Mei 2021 | 05:44 WIB Last Updated 2021-05-02T22:44:36Z


PADANGPANJANG, fajarharapan.id
-- Serangkaian gempa menggoncang Samudera Hindia di kawasan barat Sumatera, sejak Ahad (2/5) senja hingga Senin (3/5) dinihari. Di beberapa kawasan gempa mengejutkan warga. Bahkan ada yang berhamburan ke luar rumah dan beberapa jam bertahan di luar untuk menghindari kemungkinan adanya gempa susulan.


Gempa terakhir tercatat sekira pukul 03.54 WIB pada Senin (3/5) yang berpusat di laut, 94 kilometer barat daya Kota Sabang pada kedalaman 49 kilometer, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.


Menurut informasi yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kekuatan gempa tercatat Magnitudo 4,8 dengan getaran terkuat dirasakan di Kota Banda Aceh, yakni IV MMI.


Sebelumnya, gempa mengagetkan warga di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, dengan Magnitudo 5,7. Pusat gempa berada di laut pada 35 kilometer tenggara Tuapejat pada kedalaman 29 kilometer, sekira pukul 00.46 WIB, Senin (3/5).


Gempa yang mengagetkan sebagian warga Kota Padang Panjang ini, dirasakan IV MMI di Tuapejat, II-III Padang, dan II MMI di Bukittinggi, Indragiri Hilir Provinsi Riau, Pariaman, Payakumbuh, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, dan Sungaipenuh Provinsi Jambi.


Sementara pukul 19.12 WIB Minggu (2/5), gempa dengan III MMI dirasakan di Lampung Barat berpusat di laut pada 110 kilometer barat daya Pesisir Barat Lampung, kedalaman 11 kilometer. Gempa bermagnitudo 5,0 ini juga membuat kaget masyarakat di beberapa titik di kawasan Lampung tersebut.


Kendati ketiga gempa itu tidak berpotensi tsunami, namun BMKG mengingatkan masyarakat agar tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya gempa susulan.(*)

adsense