Notification

×

MGID ATAS

Adsen

Tenun Ikat Maringkik, Pulau Mungil Di Lombok dan Segudang Keunikannya

Sabtu, 15 Mei 2021 | 20:30 WIB Last Updated 2021-05-15T15:20:46Z

Lombok Timur, FajarHarapan.id - Pulau Maringkik merupakan Desa yang terletak di Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur, yang mempunyai luas wilayah sekitar 6 hektar dan merupakan wilayah teritorial Lombok Timur.


Meski pulau ini bisa dikatakan pulau mungil, namun pulau ini menyimpan banyak keunikan dan karakteristik, di tambah lagi potensi yang ada bisa dikembangkan termasuk di bagian kerajinan kain tenun yang begitu khas suku bugis bajo.


Kerajinan kain tenun ini merupakan warisan budaya leluhur suku bugis yang turun temurun dilakukan, hingga bisa dikembangkan oleh masyarakat pulau maringkik, khusus ibu ibu hingga sekarang ini yang merupakan bagian dari UMKM di Desa Pulau Maringkik.


Kain tenun khas ini tidak jarang mendapat perhatian publik dan menyita perhatian wisatawan asing baik dalam sosial media (sosmed) atau langsung mendatangi Desa Pulau Maringkik.


Kegiatan kerajinan kain tenun ini biasanya digeluti dan ditekuni oleh ibu-ibu warga Pulau Maringkik yang cukup produktif dan menuai hasil, baik dari segi kebutuhan pakai atau segi ekonomi nya .


Seorang wartawan asal Pulau Maringkik Sabtu 15/05, mendatangi rumah Naima (55) yang kerap di sapa Ibu Nai' yang sudah lama bergerak dan menggeluti kain tenun ini.


Naima langsung menjelaskan pada awak media perihal perjalannya menggeluti dan pengembangan kain tenun ini dari tahun 1982 sampai sekarang.


"Yang sangat penting dalam menjalankan kain tenun ikat ini diperlukan kerajinan, ke ulet tan dan kerja keras, ungkap nya."


"Kain tenun ini mempunyai daya tarik tersendiri, yang dirasakan konsumen luar, baik komsumen luar daerah atau lokal yakni mempunyai kelembutan tersendiri saat dipakai. " ujar Naima .


"Melalui Representasi langsung dari Naima lanjut menjelaskan, bahwasanya kain tenun khas ini apabila dipakai dalam cuaca dingin secara langsung si pemakai akan merasakan kesejukan sebab kainnya yang lembut dan apabila digunakan dalam cuaca panas, maka pemakai secara langsung pula akan merasakan kehangatan," pungkasnya.


Kain tenun Maringkik masuk kategori tenun ikat, yang berupa kain yang ditenun dari helaian benang, kemudian motifnya dibuat dengan cara diikat, untuk membentuk motif-motif tertentu. Baik motif sepak atau motif biasa sesuai keinginan si pembuat dan sesuai selesera konsumen lalu kemudian diberi warna sesuai yang diharapkan .


Adapun harga dari masing-masing lembaran kain tenun ini berbeda beda dan bisa dilihat dari segi motif yang berbeda-beda pula, tergantung dari tingkat kerumitan dan banyaknya motif yang ada dalam kain tenun itu sendiri. (Citra)

ADSEN KIRI KANAN