Notification

×

mgid Bawah Bapenda

Adsen

Prediksi Susunan Pemain Indonesia vs Afghanistan

Selasa, 25 Mei 2021 | 11:30 WIB Last Updated 2021-05-25T04:30:00Z

 

Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba melawan Afghanistan. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.)

Jakarta - Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba pertama di Uni Emirat Arab melawan Afghanistan pada Selasa (25/5) malam WIB. Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia vs Afghanistan.


Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong mengandalkan kekuatan para pemain muda untuk tiga laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022. Kualitas barisan pemain muda ini akan lebih dulu diuji melawan skuad Afghanistan yang lebih berpengalaman.


Di sektor kiper, kiper Bali United Nadeo Argawinata tampaknya akan jadi pilihan utama. Dari segi pengalaman, Nadeo lebih unggul ketimbang Aqil Savik dan kiper utama di Timnas Indonesia U-19, M. Adi Satryo, sebagaimana dikutip cnnindonesia.com.


Beralih ke posisi pemain belakang, Asnawi Mangkualam akan otomatis jadi pilihan di posisi bek kanan jika dalam kondisi fit. Asnawi akan didampingi Andy Setyo dan Ryuji Utomo.


Posisi bek kiri diperkirakan akan jadi milik Pratama Arhan. Pemain muda PSIS Semarang itu telah membuktikan kemampuan bersama Timnas Indonesia U-19 dan ajang Piala Menpora 2021 meski harus hati-hati karena pesaingnya, Firza Andika juga punya kemampuan yang tak kalah apik.


Di sektor gelandang, Shin Tae Yong akan tetap memainkan empat pemain tengah dalam formasi 4-4-2. Dalam formasi ini, pemain serba bisa Bhayangkara Solo FC, Adam Alis berpeluang dapat satu tempat.


Adam Alis jadi pemain yang dipercaya Shin Tae Yong dalam pemusatan latihan sebelumnya. Meskipun, persaingan untuk masuk tim inti akan lebih ketat buat Adam Alis karena kehadiran Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri yang juga bisa ditempatkan sebagai pemain sayap kanan.


Selain Adam Alis, nama Evan Dimas juga sepertinya bakal dicoba di laga ini. Evan Dimas berpeluang dipasangkan dengan Kadek Agung yang tampil bagus dalam dua laga uji coba di Jakarta.


Di posisi sayap kiri, persaingan masuk tim inti cukup ramai. Yakob Sayuri akan bersaing dengan Osvaldo Haay maupun Witan dan Egy yang juga bisa diplot di posisi tersebut.


Persaingan dua tombak kembar di lini depan juga bakal sengit karena keberadaan para pemain yang bisa bermain di banyak posisi dalam skuad Timnas Indonesia kali ini. Oleh karena itu, persaingan untuk masuk tim inti akan bergantung performa pemain dalam latihan.


Namun mengacu karakteristik permainan, duet Kushedya dan Muhammad Rafli sepertinya akan jadi andalan sebagai starter melawan Afghanistan. Dua pemain ini dikenal ngotot dan pantang menyerah di lapangan.


Kushedya dan Rafli juga memiliki daya jelajah yang tinggi untuk ukuran pemain depan. Kemampuan itu akan memberikan keuntungan buat Timnas Indonesia untuk bisa menekan pemain Afghanistan sejak berada di daerah permainan lawan.


Jika duet Kushedya dan Rafli tidak berjalan, Shin Tae Yong bisa memainkan Saddam Gaffar atau Braif Fatari yang dari segi karakteristik permainan berbeda dengan Kushedya dan Rafli.


Saddam lebih bertipe targetman dan berbahaya saat berada di kotak penalti. Sementara Braif bisa bermain sebagai targetman atau diplot lebih banyak menjemput bola karena kemampuannya yang baik sebagai gelandang.


Perkiraan susunan pemain

Timnas Indonesia (4-4-2): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Andi Setyo, Ryuji Utomo, Pratama Arhan; Adam Alis, Evan Dimas, Kadek Agung, Yakob Sayuri; Kushedya Hari Yudo, M. Rafli


Afghanistan (4-3-2-1): Ovays Azizi; David Najem, Sharif Mukhammad, Zohib Amiri, Zelfagar Nazari; Milad Intezar, Noor Husin, Adam Najem; Faysal Shayesteh, Farshad Noor; Omran Haydary. (*)


ADSEN KIRI KANAN