Notification

×

mgid Bawah Bapenda

Adsen

Kodim Jaksel Buka Pendaftaran Komponen Cadangan

Jumat, 28 Mei 2021 | 22:07 WIB Last Updated 2021-05-28T15:25:48Z

Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Jakarta - Perwira Seksi Personel (Pasi Pers) Kodim 0504/Jakarta Selatan Mayor Arh Mulyoto menyebut saat ini pihaknya tengah mempersiapkan rekrutmen bagi masyarakat, khususnya di wilayah Jakarta Selatan untuk mengikuti pelatihan Komponen Cadangan.


Kata dia, masyarakat bisa melakukan pendaftaran di Kodim 0504/Jakarta Selatan untuk bergabung dan mengikuti pelatihan Komponen Cadangan.


"Hari ini kita adakan pendataan dan pemeriksaan awal persyaratan bagi calon Komponen Cadangan, bagi masyarakat yang memenuhi syarat nantinya akan kita lakukan pendaftaran di Makorem 051/Wkt," kata Mulyoto dalam keterangan tertulis, Jumat (28/5), sebagaimana dikutip cnnindonesia.com.


Dia juga menjelaskan, sesuai anjuran Kementerian Pertahanan, masyarakat yang hendak mengikuti pelatihan Komponen Cadangan mesti memenuhi beberapa syarat.


Mereka harus Warga Negara Indonesia dengan usia paling minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Warga juga dilarang memiliki catatan kriminalitas serta sehat secara jasmani dan rohani.


Pendaftaran tak difokuskan hanya untuk laki-laki. Perempuan pun diizinkan untuk mengikuti pelatihan ini.


"Bukan anggota TNI/Polri, bersedia di mobilisasi di seluruh wilayah NKRI, dan bersedia mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh panitia," kata dia.


Dia juga menjelaskan, pelatihan ini dibuka atas dasar sukarela. Sehingga masyarakat yang mendaftar tak akan menerima unsur paksaan. Pendaftaran secara daring pun sudah mulai bisa dilakukan melalui situs resmi Komcad.Kemhan.go.id.


"Pendaftaran pelatihan Komcad bagi masyarakat dengan proses rekrutmen dibuka secara sukarela dan memiliki syarat tertentu yang harus dipenuhi pendaftar, untuk pendaftaran secara online bisa melalui website komcad.kemhan.go.id", kata dia.


Dalam kesempatan itu dia memastikan pelatihan Komponen Cadangan ini dibuka untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan Komponen Utama yakni TNI.


"Komcad sebagai kekuatan cadangan yang dibutuhkan jika sewaktu-waktu menghadapi masa darurat," katanya. (*)

ADSEN KIRI KANAN