Notification

×

mgid Bawah Bapenda

Adsen

Jejak Karier Abdee Slank Hingga Jadi Komisaris Telkom

Sabtu, 29 Mei 2021 | 10:18 WIB Last Updated 2021-05-29T03:18:00Z

 

Gitaris grup band Slank Abdee Negara. (Tangkapan layar instagram @abdeenegara)

Jakarta - Pada Jumat (28/5), Abdi Negara Nurdin alias Abdee Slank resmi diangkat menjadi komisaris PT Telkom Indonesia. Menteri BUMN Erick Thohir mengambil keputusan ini lewat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).


Pengangkatan Abdee menarik perhatian publik sebab selama ini ia lebih dikenal lewat kiprahnya di dunia musik. Pria kelahiran Donggala, Sulawesi Tengah, 28 Juni 1968 ini memulai pendidikan musik di sekolah milik Dwiki Darmawan.


Anda mungkin hanya mengenal Abdee di band legendaris Slank. Sebenarnya ia sudah 'menyicip' panggung bersama band-band lain seperti Flash, Interview, dan Enemest sebagai gitaris, sebagaimana dikutip cnnindonesia.com.


Baru pada 1997, ia resmi bergabung dengan Slank, menggantikan Pay. Sejak saat itu, ia tak hanya jadi tukang petik gitar tetapi juga sound engineer, penyanyi latar, penulis lagu hingga produser.


Slank cukup produktif berkarya menghasilkan sejumlah album seperti, Tujuh (1997), Mata Hati Reformasi (1998), Virus (2001), Anthem for The Broken Hearted (2009), I Slank U (2012) dan Slank Nggak Ada Matinya (2013).


Di lini produser, ia pernah membidani sejumlah proyek antara lain, Serious Band, Maleo Music bersama The Painkillers dan Marshanda. Di samping itu ada pula proyek kolaborasi dengan Sherina Munaf, Agnes Mo dan The Brandals.


Sementara sibuk dengan aktivitas bermusik, ia aktif dalam kegiatan politik. Abdee dikenal sebagai pendukung dan relawan Jokowi sejak Pemilu 2014, tak pelak ini sempat memunculkan rumor bahwa dirinya yang bakal memegang jabatan di bidang industri kreatif.


Akan tetapi pada akhir 2015, Abdee dikabarkan mengalami sakit gagal ginjal stadium akhir. Rupanya kondisi ini dia alami sejak 2010. Penyakit gagal ginjal membuatnya harus cuci darah dua kali tiap akhir istirahat dari panggung musik.


Sempat santer terdengar bahwa dirinya keluar dari band. Namun ia mengkonfirmasi hanya cuti dan istirahat.


Akan tetapi, kondisi ini tak menghalanginya untuk terus berkarier meski di luar jalur musik biasanya. Jabatan baru sudah dipegang yakni komisaris PT Telkom Indonesia. (*)


ADSEN KIRI KANAN