Notification

×

mgid Bawah Bapenda

Adsen

IAIN Batusangkar Bersilaturahmi Dengan Bupati Sutan Riska, Untuk Mewujudkan Kampus III di Dharmasraya

Jumat, 21 Mei 2021 | 19:02 WIB Last Updated 2021-05-21T12:02:12Z

 

Rektor IAIN Batusangkar beserta rombongan disambut Bupati Sutan Riska di Kediamannya, Kamis (20/5/21)


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc beserta rombongan, melakukan kunjungan ke Pemerintahan Kabupaten Dharmasraya, yang diterima langsung Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE, di kediaman Bupati, Kamis (20/5/21). 


Pemerintah Kabupaten Dharmasraya apresiasi dengan perkembangan dan progres IAIN Batusangkar, yang demi hari semakin berkembang dan juga menjadikan kampus favorit bagi masyarakat Kabupaten Dharmasraya (tamatan MA, Ponpes, SLTA, SMK) untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.


Hal ini di sampaikan langsung oleh Bupati Dharmasraya dalam kunjungan Rektor IAIN Batusangkar, beserta Wakil Rektor II dan III dan juga guru besar IAIN Batusangkar Prof. Dr. H. Hasan Zaini, MA. 


"Saya bangga dan iri melihat perkembangan Kabupaten Tanah Datar, yang juga di topang dangan kehadiran perguruan tinggi negeri Islam disana, dan juga IAIN Batusangkar sekarang terus mengembangkan dirinya dalam memajukan pendidikan di Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Tanah Datar," ujar Sutan Riska. 


Bupati juga tambahkan, ini secara tidak langsung akan meningkatkan pertumbuhan disektor ekonomi dan UMKM pada masyarakat sekitar kampus. "Apalagi kampus IAIN Batusangkar sudah lama mendirikan kampus duanya, ini secara tidak langsung akan cepat meningkatkan perekonomian, ini yang tidak ada di Dharmasraya," tambah Sutan Riska lagi. 


Sutan Riska harapkan, dengan kahadiran guru besar Prof. Dr. H. Hasan Zaini, MA yang juga putra asli dan tokoh pemekaran Kabupaten Dharmasraya, beliau yang juga mantan Ketua STAIN periode 2010-2014. "Ini akan menjadi contoh teladan kedepan bagi generasi muda Dharmasraya untuk jadi pemimpin Kabupaten Dharmasraya kedepan," harap Sutan Riska. 


Disamping itu Sutan Riska dan Hasan Zaini menyambut baik kehadiran kampus III IAIN Batusangkar di Kabupaten Dharmasraya, mengigat akan tingginya peminat tamatan MA, Ponpes, SLTA, SMK ke IAIN Batusangkar dari Dharmasraya, jadi kedepannya tidak ada lagi masyarakat Dharmasraya (tamatan MA, Ponpes, SLTA, SMK) yang tidak menyambung pendidikannya ke perguruan tinggi. 


Dari keinginan kuat Bupati Dharmasraya, Rektor IAIN Batusangkar akan mewujudkan keinginan tersebut, keinginan Bupati itu juga tertuang dalam visi-misinya, "Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang profesional, berkarakter dan unggul," tegas Marjoni Imamora. 


Rektor memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada calon mahasiswa dari Dharmasraya, yakni bermacam-macam beasiswa seperti beasiswa Hafiz, siswa berprestasi dan KIP Kuliah disetiap semesternya, dan juga akan diberikan fasilitas asrama secara gratis dengan tujuan dapat menambah hafalannya, ini juga cara untuk mengisi kekosongan regenerasi.


"Kami juga bersedia menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, dimana IAIN Batusangkar saat ini telah memiliki 34 Program Studi dan 7 diantaranya telah berakreditasi A," tutup Marjoni. (fdy)




ADSEN KIRI KANAN