Notification

×

mgid Bawah Bapenda

Adsen

BLT DD Tahap Satu Pasbar Dilaunching di Nagari Kinali

Rabu, 12 Mei 2021 | 06:01 WIB Last Updated 2021-05-11T23:02:52Z
Penyerahan dana BLT DD tahap pertama di serahkan di Nagari Kinali, Pasaman Barat, Selasa (11/5/2021).


Pasbar, fajarharapan.id  -  Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap pertama tahun anggaran 2021 di Nagari Kinali, Pasaman Barat diserahkan di aula kantor walinagari setempat, Selasa (11/5/2021).


Penyerahan BLT DD di Nagari Kinali tersebut sekaligus melaunching penerimaan bantuan itu di Pasaman Barat.


Di Nagari Kinali ada 543 kepala keluarga (KK) penerima bantuan tersebut. Mereka merupakan hasil validasi oleh masing-masing tim yang ditunjuk. Masing KK menerimanya Rp300 ribu/bulan. Dananya ditransferkan ke rekening Bank Nagari, dananya dapat diambil melalui ATM.


Bupati Pasbar diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (PMN) Pasaman Barat, Etris Dsem pada penyerahan BLT DD mengharapkan penerima bantuan dapat mempergunakan sebaik-baiknya bantuan pemerintah tersebut.


Dalam penyerahan bantuan itu juga terlihat hadir Camat Kinali, Bakaruddin, Pj Wali Nagari Kinali Hartasani dan lainnya. Dalam penyerahan BLT DD itu juga diserahkan kartu ATM  Bank Nagari.


"DD itu untuk membangun desa, bukan memperkaya wali nagari, apalagi bantuan BLT musti tepat sasaran, jangan terjadi indikasi KKN," tegas Etris.


Pada kesempatan itu, ia berpesan agar memprioritaskan masyarakat miskin, penyandang disabilitas lanjut usia (lansia) yang belum mendapatkan bantuan apapun.


BLT DD ini merupakan amanah dari Permendes No 13/2020 tentang prioritas dana desa tahun 2021 dan PMK 222/2020 tentang pengelolaan Dana Desa.


"Dimana setiap desa wajib mengalokasikan BLT sebesar Rp300 ribu/bulan selama 12 bulan. Untuk jumlah penerima tergantung hasil pendataan yang dilaksanakan oleh nagari dan diputuskan dalam musyawarah nagari," ungkap Etris.


Lebih lanjut Ia menjelaskan, penyaluran BLT DD se-Pasbar sebanyak 6.833 di 19 Nagari. Saat ini baru dua nagari yang telah diserahkan.


Nagari Kinali sebanyak 543 Kepala Keluarga (KK) dan Uung Gading sebanyak 600 KK. Untuk bulan pertama sebesar Rp300 ribu/bulan dan diberikan selama 12 bulan. Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat kurang mampu di tengah pandemi Covid-19.


Dalam penyerahan BLT DD itu juga dihadiri Kepala Cabang Bank Nagari Kinali, Ketua Bamus H.ALi Azwar.M.M, serta anggota dan Ketua LPMN Taherman dan lainnya.


Sementara itu Sekretaris Nagari Syafri Anwar.SH, menyebutkan warga penerima BLT dapat diambil menggunakan ATM masing-masing.


Di Nagari Kinali ada tiga Bank Nagari yang bisa untuk pengambilan dana BLT tersebut.  Bank Nagari Pasar Tempurung di Jorong IV Koto, Bank Nagari di Jorong Langgam dan Bank Nagari Jorong Pasar Padang Canduah. (By roni)

ADSEN KIRI KANAN