Notification

×

adsense-BAWAH-HEADER

Iklan

TNI AL Evakuasi Korban Kapal Terbakar di Perairan Asahan

Kamis, 08 April 2021 | 11:52 WIB Last Updated 2021-04-08T04:52:51Z

 

.

Asahan, Fajarharapan.id - Prajurit TNI AL  Lanal Tanjung Balai Asahan (Lanal TBA) berhasil mengevakuasi Nahkoda dan ABK KM Hasil Jaya yang terbakar di perairan Asahan , Rabu (7/4/21).


Dua unit Kapal Patroli Lanal TBA dikerahkan untuk SAR.  KM. Hasil Jaya yang terbakar sekitar pukul 15.00 WIB. Api  diduga dari cerobang (knalpot) kapal yang menyemburkan api, lalu menyambar tangki bahan bakar yang letaknya berdekatan di dalam kamar mesin. 


Unsur Kapal patroli Lanal TBA yang tiba dilokasi segera mengkoordinir kapal nelayan yang berdekatan untuk melakukan pemyelamatan. ABK KM, Hasil Jaya menyelamatkan diri dengan menceburkan diri kelaut, dan ditolong oleh sesama nelayan sebelum dievakuasi oleh SAR Lanal Tanjung Balai Asahan. 


Tigabelas ABK dapat dievakuasi dalam kondisi selamat. Enam diantaranya dievakuasi ke Posal Bagan Asahan. Sementara tujuh lainnya dievakuasi menggunakan kapal nelayan KM Bahari Perkasa.


Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson H. Etwiory mengatakan bahwa upaya penyelamatan ini, tidak lepas dari perintah sebagai komitmen Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.M.M. yang senantiasa menekankan kepada jajarannya agar memanfaatkan segala potensi yang dimiliki baik personel maupun alutsista dalam upaya-upaya kemanusiaan seperti kegiatan SAR dan bantuan bencana lainnya. 


Ditempat terpisah Pangkoarmada I, Laksda TNI Abdul Rasyid K.,S.E.M.M. mengapresiasi langkah Danlanal TBA untuk mengambil aksi secara cepat sehingga jatuhnya korban jiwa dapat terelakan. Ketigabelas ABK KM Hasil Jaya dapat kembali dengan selamat ke keluarga masing-masing.


Akibat kejadian ini, kerugian diperkirakan mencapai 1.5 Miliar Rupiah. (har)


adsense

×
Berita Terbaru Update