Notification

×

adsense-BAWAH-HEADER

Iklan

Lapas Bukittinggi Buka Bersama dengan Warga Binaan

Rabu, 21 April 2021 | 14:47 WIB Last Updated 2021-04-21T07:47:04Z

 

 Kalapas Kelas IIA Bukittinggi, Marten sedang membagikan menu makanan untuk buka bersama Warga Binaan Pemasyarakatan. (ist)




Bukittinggi - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Bukittinggi berbagi kebahagiaan dengan warga binaanya dengan menggelar buka bersama, Senin (19/4).


Buka bersama yang dipusatkan di Hall Lapas tersebut dipimpin langsung oleh Kalapas Kelas IIA Bukittinggi, Marten dan diikuti sebayak 360 WBP ditambah dengan pegawai lapas.


Kalapas Kelas IIA Bukittinggi, Marten kepada Singgalang mengatakan, buka bersama dengan warga binaan pemasyarakatan itu merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh lapas kelas IIA Bukittinggi setiap bulan ramadhan.

"Kegiatan ini sebetulnya sudah rutin dilaksanakan, hanya saja tahun ini formatnya yang berbeda dari sebelum pandemi covid 19,"ujar Marten.


Sebelum pandemi covid 19, kegiatan itu dilaksanakan bersama keluarga warga binaan yang berkesempatan hadir.


"Sebelumnya kita mengundang keluarga binaan yang berkesempatan hadir sehingga mereka dapat melepaskan rindu dan buka bersama dengan keluarganya,” tambah Marten.

Sedangkan bagi WBP yang keluarganya tidak bisa hadir tetap diajak sehingga  muncul kebersamaan dan persaudaran yang lebih mendalam diantara mereka.


Namun sejak pandemi, pihaknya tidak mungkin menghadirkan keluarga WBP tersebut,  sehingga ia mengganti formatnya yaitu buka bersama WBP  dengan seluruh pegawai dilingkungan lapas kelas IIA Bukittinggi.


Kegiatan itu dilaksanakan selama tiga hari kedepan dengan membagi WBP yang mengikuti buka bersama itu secara bergantian.


Khusus untuk hari pertama kegiatan buka bersama itu diikuti oleh  penghuni blok A yang berjumlah 260 WBP atau yang paling banyak penghuninya dari tiga blok lainya di Lapas Kelas IIA Bukittinggi.


Selajutnya hari kedua diikuti oleh WBP yang menempati Blok B dan D serta hari ketiga diikuti oleh Blok C.


"Meskipun kegiatan itu  tidak menghadirkan keluarga WBP, Namun kita berharap mereka  tetap merasa senang dan bahagia. karena tetap diperhatikan dan masih tetap bisa  menikmati buka bersama itu,"ujarnya.


WBP tersebut memang terlihat sangat senang dengan kegiatan itu, karena selama ini mereka makan dan buka puasa dengan makanan yang disiapkan di dalam lapas, sedangkan saat buka bersama mereka dapat makan dengan menu yang disiapkan dan dipesan dari Rahmat Catering.(*)