Notification

×

adsense-BAWAH-HEADER

Iklan

Ketua Baznas Lombok Barat Imbau Warga segera Bayarkan Zakat Fitrah

Kamis, 29 April 2021 | 14:07 WIB Last Updated 2021-04-29T07:07:25Z

Foto bersama


Lombok Barat, fajarharapan.id - Menjelang Lebaran hari Raya Idul Fithri tahun 1442 H tiba ada kewajiban yang harus di tunaikan oleh kaum muslimin, yaitu menunaikan Zakatul Fithri dimana zakatul fithri ini dikeluarkan sebelum Sholat Idul Fithri.


Berkaitan dengan hal tersebut Ketua Baznas Lombok Barat, TGH Mukhlis Ibrahim menegaskan bahwa zakat fitrah ini wajib dikeluarkan oleh setiap muslim untuk mensucikan diri mereka, zakat ini adalah zakat badan. Berbeda dengan zakat harta yang mana zakat harta adalah untuk mensucikan harta mereka yang juga sekaligus mensucikan mereka.


Lanjutnya Zakat Fitri harus di keluarkan dalam bentuk bahan pokok, dan di keluarkan sebelum sholat idul Fitri, jika di keluarkan setelah sholat idul Fitri itu tidak dinamakan zakat fitrah namun masuk kedalam sedekah, sehingga ia berkewajiban untuk menggantinya di tahun depannya.


BAZNAS Kabupaten Lombok Barat sebagai Wakil Pemerintah yang sudah di percaya untuk menghimpun dan menyalurkan zakat dan termasuk infaq sedekah pada bulan ini telah merancang penyaluran zakat tersebut kepada para mustahiq.


Ada sekitar 1.600 fakir miskin yang sudah ditargetkan untuk menerima zakat berupa uang tunai Rp200 ribu rupiah perorangnya termasuk juga masjid dan mushalla yang belum tersentuh bantuan pemerintah.


Beliau berpesan agar kaum muslimin khususnya yang ada di daerah Lombok Barat agar bisa menunaikan zakat dengan benar dan tepat waktu, beliau mengutip firman Allah yang artinya : "Ambillah dari harta mereka (orang-orang kaya) sedekah yang akan mennsucikan diri serta harta mereka". (FH)