Notification

×

adsense-BAWAH-HEADER

Iklan

Kemenag dan Bupati Solsel Raih Penghargaan

Selasa, 06 April 2021 | 18:00 WIB Last Updated 2021-04-06T11:00:59Z

KEBERSAMAAN - Kakan Kemenag se-Sumbar bersama Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri usai menerima penghargaan atas prestasi memajukan pendidikan agama islam, Senin (5/4). (ist)


Solsel,  fajarharapan.com -Kepala Kantor Kementerian Agama Solok Selatan (Kakan Kemenag Solsel) Syamsuir mendapatkan penghargaan prestasi memajukan pendidikan agama islam dari Kakanwil Kementerian Agama Sumbar, Hendri.  

Penghargaan itu diserahkan langsung Hendri kepada Syamsuir usai apel pagi di halaman kantor Kanwil Kemenag Sumbar Senin (5/4). 

Prosesi penyerahan penghargaan disaksikan pejabat eselon III dan ASN di jajaran Kanwil Kemenag Sumbar itu. 

Penghargaan itu diperoleh kemampuan dalam bekerjasama yang baik dalam pengembangan pendidikan Islam. 

Kakanwil Kemenag Sumbar juga mengapresiasi Bupati Solok Selatan. Karena kesediaan Bupati dalam memberikan biaya pendidikan profesi guru bagi guru pendidikan agama islam. Itu sebagai wujud pembinaan pendidikan agama islam di Solsel.

“Kami atas nama jajaran Kementerian Agama RI, mengapresiasi bupati/walikota se-Sumbar yang sudah memberi dukungan kemajuan pendidikan agama islam di daerah masing-masing,” kata Hendri.

Tanpa keterlibatan Pemerintah Daerah dalam mendukung jajaran Kementrian Agama, berbagai program agama dalam mendukung pembangunan kemasyarakatan tidak akan maksimal. 

Apalagi dukungan yang diberikan saat ini adalah dukungan anggaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) PAI Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Itu diambil melalui dana APBD Kabupaten Solok Selatan. 

Sementara itu, Kakan Kemenag Solsel Syamsuir didampingi Kasubag TU, Fitriyoni menjelaskan, tahun ini Pemerintah Kabupaten Solsel melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Solsel telah memberi dukungan anggaran untuk  24 orang Guru Agama yang akan ikut PPG PAI  tahun anggaran 2021.

“Alhamdulillah, para guru pendidikan agama islam, khususnya pendidikan profesi guru di daerah Solsel 2021 ini diberi dukungan dana,” katanya. 

Dengan demikian tentu berbagai persoalan dalam memajukan pendidikan agama islam solsel akan lebih maksimal lag dan tidak ada lagi alasan untuk tidak berbuat demi kemajuan generasi pendidikan tingkat SD dan SMP,” jelas Syamsuir. 

Ditempat terpisah, Plt. Kadisdikpora Solsel, Novrizon didampingi Kasi Pendis Kemenag Solsel, Mahadolog R, menambahkan tahun ini tercatat dukungan anggaran PPG PAI dari APBD Solsel tahun 2021 tercatat sebesar Rp244.800.000.  Adapun rincian dari penggunaan anggaran tersebut diantaranya,  setoran ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) sebesar Rp.  148.800.000, untuk modul buku sebesar Rp36 juta. 

Selain itu ada juga dukungan transport pengalaman lapangan selama satu bulan Rp43.200. 000 dan untuk pembuatan laporan pendidikan profesi guru sebesar Rp16.800.000,” ucap Novrizon. (*)

adsense

×
Berita Terbaru Update