Notification

×

adsense-BAWAH-HEADER

Iklan

Hari Ini Wapres ke Pariaman, Ini Agendanya

Selasa, 06 April 2021 | 09:48 WIB Last Updated 2021-04-06T02:48:59Z
Wakil Presiden Ma’ruf Amin


Padang, fajarsumbar.com - Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Selasa 6 Apri 2021 hari ini, mengunjungi Kota Pariaman. Kedatangan RI-2 itu, selain meresmikan pasar rakyat juga menyaksikan proses vaksinasi dan ikut aksi menanam mangrove.


”Benar, kedatangan Wapres diagendakan mengikuti tiga kegiatan. Hanya di Kota Pariaman. Selesai itu, langsung balik ke Jakarta,” sebut Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Hefdi, Selasa (6/4/2021).


Dikatakannya, kedatangan Wapres ke Sumbar dari agenda Setwapres sudah ditetapkan. Dengan itu, persiapan kedatangan tersebut juga sudah dilakukan dengan matang bersama Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).


”Dari agendanya sudah pasti. Datang pagi, sekitar pukul 14.00 WIB, langsung balik,” ulasnya.


Dari agenda yang sudah diperoleh Pemprov Sumbar, Wapres Ma’ruf Amin akan meresmikan Pasar Rakyat di Kota Pariaman. Kemudian, dilanjutkan dengan menyaksikan proses vaksinasi bagi masyarakat dan pelayanan publik di Puskesmas Kurai Taji, kota setempat.


”Vaksinasi ini perlu mendapatkan perhatian. Karena ini membutuhkan dukungan masyarakat. Guna menghentikan pandemi Covid-19 saat ini jalan terbaik satu-satunya adalah vaksinasi,” ujarnya.


Setelah menyaksikan vaksinasi, Wapres Ma’ruf Amin juga akan diagendakan menanam mangrove di Kota Pariaman. Agenda tersebut upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan. Terutama mangrove yang dapat melindungi pantai dari abrasi.


Pasar Rakyat Kota Pariaman

Seperti diketahui, Pasar Rakyat Pariaman mulai dibangun bersamaan dengan Puncak Peringatan Hari Nusantara di Kota Pariaman pada Desember 2019 lalu di atas lahan seluas 5.431 m2 dengan tinggi empat lantai.


Revitalisasi pasar ini dilengkapi dengan konstruksi atap dak beton sebagai shelter apabila terjadi bencana tsunami. Pasar Pariaman juga akan dilengkapi dengan ramp di sisi selatan bangunan agar dapat dimanfaatkan sebagai lokasi evakuasi. Konstruksi yang dikerjakan oleh PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung ini dengan anggaran Rp89,74 miliar.


Dalam penanganan pasar ini, Kementerian PUPR memberikan perhatian percepatan. Diharapkan pasar ini bisa dimanfaatkan untuk peningkatan dan pemulihan situasi krisis ekonomi pada situasi pandemi Covid-19.


Revitalisasi pasar rakyat ini dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden (Perpres) No.43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.


Kini, pasar tersebut memiliki fasilitas megah. Selain menggunakan eskalator, pasar ini juga menggunakan lift untuk memudahkan pengunjung untuk beraktivitas di pasar ini. Pasar ini juga didisain dengan konsep ramah lingkungan. (*)

adsense

×
Berita Terbaru Update