Notification

×

adsense-BAWAH-HEADER

Iklan

Evakuasi Pencari Ikan yang Terjebak Enceng Gondok Rawa Pening

Rabu, 28 April 2021 | 04:04 WIB Last Updated 2021-04-27T21:04:31Z

 



Kabupaten Semarang - Purnomo (43 th) alias Pepeng warga Kampung Kenteng RT 04/05 Kelurahan Argomulyo Salatiga berhasil di evakuasi ketika terjebak enceng gondok saat mencari ikan di areal Rawa Pening Dusun Gondangsari Desa Rowoboni Banyubiru Kabupaten Semarang. Selasa (27/04/2021)


Saat itu sekitar Pukul 17.00 Wib saudara Cacuk (39 th) warga Dusun Gondangsari Desa Rowoboni Banyubiru melihat Saudara Pepèng yang tengah terjebak enceng gondok berusaha mengajak pulang untuk menepi, tetapi sdr Pepeng menolak dengan alasan nanti akan dijemput oleh Sdr. Dipo dari Salatiga, sehingga ditinggal menepi ke daratan oleh Cacuk. 


Sampai dengan pukul 19.00 Wib Pepeng belum juga kelihatan menepi, maka Cacuk bersama warga Rowoboni lainnya melaporkan hal tersebut ke pihak berwajib, selanjutnya Tim BPBD Kab. Semarang dan kota salatiga bersama anggota Polsek dan Koramil Banyubiru merapat ke TKP untuk melaksanakan evakuasi.


Sekitar  pukul 21.15 Wib Sdr Pepeng berhasil di evakuasi menepi dari tengah rawa dengan di jemput 2 perahu milik tim gabungan BPBD Kab. Semarang dan Kota Salatiga.


Dengan adanya kejadian tersebut, Babinsa Rowoboni Sertu Ngadiranta dan Babhinkamtibmas Bripka Rheza menghimbau kepada pencari ikan, agar selalu berhati hati saat melaksakan kegiatan di rawa pening.

" Cuaca yang tidak menentu, disarankan apabila melaksanakan penangkapan ikan cukup untuk di tepian rawa, karena sering kali sekumpulan enceng gondok menutup jalan perahu untuk menuju ke tepi Rawa,"Ungkap Ngadiranta. (Ridan)