Notification

×

adsense-BAWAH-HEADER

Iklan

DPRD Berikan 10 Catatan LKPj Walikota Padang 2020

Selasa, 13 April 2021 | 22:24 WIB Last Updated 2021-04-13T15:24:22Z

 

Walikota Padang Hendri Septa menyerahkan LKPj 2021 kepada Ketua DPRD Padang Syafrial Kani yang disaksikan unsur pimpinan DPRD tersebut.


PADANG - Walikota Padang Hendri Septa, Senin 12 April 2021 menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Padang beragendakan penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap Laporan Keterangan Pertanggung-jawaban (LKPj) Walikota Padang Tahun Anggaran (TA) 2020.


Rapat paripurna yang dilangsungkan di Ruang Serbaguna Kantor DPRD Padang tersebut dipimpin Ketua DPRD Syafrial Kani dengan diikuti Wakil Ketua Amril Amin, Arnedi Yarmen dan Ilham Maulana. Juga hadir unsur Forkopimda, stakeholder terkait dan sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang baik secara langsung ataupun virtual.


Sebagaimana diketahui, rapat paripurna kali ini sehubungan menindaklanjuti nota LKPj Walikota Padang tahun 2020 yang telah disampaikan pada 15 Maret 2021 lalu. LKPJ tersebut kemudian dibahas pada rapat panitia khusus (pansus) dan juga dengan SKPD terkait.


Dalam penyampaiannya Wako Hendri Septa mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang tentunya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kota Padang. 


"Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh anggota DPRD Kota Padang, khususnya pimpinan dan anggota pansus LKPj Walikota Padang yang telah melaksanakan pembahasan dan menanggapi LKPj kami ini. Sehingga nantinya dapat menjadi bahan evaluasi dan perbaikan bagi Pemko Padang ke depan," sebutnya.


Hendri pun juga menyadari bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemko Padang masih terdapat kekurangan di dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu masukan positif dari DPRD Kota Padang sangat diharapkan demi pembangunan Kota Padang ke arah yang lebih baik lagi. 


.

"Ada 10 rekomendasi dari DPRD Padang sekaitan LKPj Wali Kota Padang TA 2020 yang telah kita sampaikan. Itu semua kita jadikan catatan untuk ditindaklanjuti ke depan. Dimana dari sekian rekomendasi yang kita terima itu, terutama sekali adalah terkait peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Maka itu saya sudah janji untuk setiap rapat staf akan dibahas terus biar rekomendasi itu bisa disikapi semua SKPD secara baik dan optimal," ujarnya.


Lebih jauh wako menjelaskan, LKPj ini diharapkan juga dapat menjadi bahan evaluasi kinerja Pemko Padang oleh DPRD dan masyarakat Kota Padang terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. Sehingga dengan laporan ini akan dapat ditentukan arah kebijakan Pemko Padang untuk tahun anggaran berikutnya.

 

"Saat ini kita masih berjuang menghadapi pandemi Covid-19. Maka dari itu, di samping melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebarannya kita juga berharap dukungan seluruh warga Kota Padang untuk senantiasa mentaati protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Mulai dari memakai masker kemana bepergian, menjaga jarak dan sering mencuci tangan pakai sabun. Begitu juga untuk mendukung dan melaksanakan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya pencegahan penyebarannya," pungkas Wako mengakhiri sambutan sembari mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H kepada seluruh hadirin dan warga Kota Padang.


Sepuluh rekomendasi itu dibacakan Wakil Ketua DPRD Padang, Amril Amin yang menyatakan, rekomendasi itu disampaikan DPRD setelah melakukan pembahasan panjang sejak LKPJ tahun 2020 disampaikan Walikota pada pertengahan Maret 2021 lalu.


“Pembahasan dilakukan oleh pansus-pansus bersama OPD terkait, juga telah dilakukan kunjungan kerja dan studi banding ke beberapa daerah,” katanya.


.


Sepuluh rekomendasi itu diantaranya terkait bidang birokrasi pemerintahan, ekonomi dan keuangan, infrastruktur, dan kesejahteraan, kesehatan dan pendidikan.


“Dalam bidang birokrasi pemerintahan misalnya dalam melakukan promosi, mutasi dan degradasi jabatan ASN dilakukan hendaknya dilakukan berdasarkan kebutuhan. Kami mengharapkan kepada BKSDM dapat melakukan fungsi sebagai dapur yang berperan menempatkan ASN sesuai dengan keahlian dan job description dari ASN itu sendiri,” ucapnya. 


Sementara itu Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani mengharapkan dari 10 rekomendasi yang ditujukan pada LKPj Wali Kota Padang di tahun 2020 semoga dapat ditindaklanjuti pemko ke depan. 


"Semua ini tidak lain demi kemajuan dan kesejahteraan warga Kota Padang. Kita ingin hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat itu betul-betul dirasakan. Semoga Pemko Padang mampu mewujudkan semua harapan warga Kota Padang sesuai visi-misi dan program yang telah dituangkan di dalam RPJMD," harap Syafrial.(adv)