Notification

×

adsense-BAWAH-HEADER

Iklan

Ada Peluang Beasiswa Turki untuk Tamatan Diniyyah Puteri Padang Panjang

Kamis, 29 April 2021 | 18:16 WIB Last Updated 2021-04-29T11:16:59Z

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, Pimpinan Diniyyah Puteri Fauziah Fauzan, dan sejumlah pejabat foto bersama di depan asrama.(*)

PADANGPANJANG, fajarharapan.id
-- Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Pemprov Sumatera Barat berusaha melakukan sinergi dengan berbagai pihak, baik dari dalam muapun luar negeri.


‘’Kami menjajaki negara- negara yang bisa bekeja sama, salah satunya adalah Turki. Mereka memberi peluang untuk mendapatkan beasiswa kuliah S.2 dan S.3. Ini adalah peluang yang bisa dimanfaatkan para tamatan Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang,’’ kata Gubernur Sumbar H.Mahyeldi Ansharullah, Kamis (29/4), di Padang Panjang.


Mahyeldi mengutarakan hal itu, saat memberi sambutan menjelang peletakan batu pertama pembangunan asrama baru perguruan tersebut, di Aula Perguruan Diniyyah Puteri. Turut hadir pada kesempatan itu Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, Wakil Walikota Asrul, dan Senator Hj. Emma Yohana.


Dikatakan, selain kerjasama dengan Turki, Pemprov Sumbar juga mengupayakan kerjasama dengan Saudi Arabia, Maroko, dan Uni Emirat Arab.


Sesuai dengan kiprah para alumni Diniyyah Puteri sejak dulu, Mahyeldi optimis, peluang itu akan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga usaha pemerintah daerah mengembangkan kualitas SDM membuahkan hasil maksimal pula. ‘’Tamatan Diniyyah Puteri sudah lama melanjutkan pendidikan ke luar negeri, terutama ke Mesir,’’ kata Mahyeldi.


Sebelum merebaknya pandemi Covid-19, Perguruan Diniyyah Puteri sudah memulai kerjasama luar negeri. Kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di 28 negara juga sudah dirintis. Bahkan, sejumlah universitas di Jepang, jerman, Findlandia, dan Malaysia menyambut rintisan kerjasana itu dengan baik.


Ada tujuh universitas pula yang menjalin kerjasama dengan Diniyyah Puteri, mencakup pemberian beasiswa untuk kuliah bagi tamatan Diniyyah Puteri, pengiriman dosen-dosen mereka untuk mengajar di Diniyyah Puteri, melatih guru-guru dan dosen Diniyyah Puteri, serta merealisasikan program sandwich program bagi pelajar dan mahasiswa lembaga pendidikan di lingkungan Perguruan Diniyyah Puteri.


Tujuh universitas itu, menurut Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri Fauziah Fauzan El-Muhammady terdiri dari Universias Al-Azhar Kairo, Institut Ta’limul Ariq Imam Nafie Maroko, Univesitas Muhammad Khamis Maroko,Institut Darul Hadits Al-Hasaniyah Maroko, Univesitas Mu’tah Yordania, Universitas Yarmuk Yordania, dan Universias Albayt Yordania.


Banyaknya lembaga pendidikan tinggi di sejumlah negara di dunia yang merespon positif dan siap menampung tamatan Madrasah Aliyah KMI Diniyyah Puteri, tenti tidak terlepas dari kerja keras dan dukungan semua pihak, terutama Pemko Padang Panjang, Pemprov Sumbar, pengurus yayasan, Kementerian Agama, dan pemerintah Republik Indonesia.(*)