Notification

×

adsense-BAWAH-HEADER

Iklan

Peringkat Hanya Simbol, KLA Harus Benar-benar Peduli Anak

Jumat, 05 Maret 2021 | 09:14 WIB Last Updated 2021-03-05T02:38:31Z

Wakil Walikota Padang Panjang Asrul


PADANGPANJANG, fajarharapan.id -- Kota Layak Anak (KLA) harus benar-benar menjadi perhatian semua elemen pemerintahan dan masyarakat. Untuk mewujudkannya, semua harus menunjukkan kepedulian dan partisipasi yang kuat. Sedangkan peringkat yang diberikan, itu hanyalah simbol.


Demikian dikatakan Asisten Deputi Pemberdyaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada Kementerian PPPA Rohika Kurniadi Sari, Kamis (4/3), saat menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi Pengembangan KLA bagi Gugus Tugas yang dilaksanakan di Lantai III Hall Balai Kota Padang Panjang.


Kegiatan itu diselenggarakan Dinas Sosial PPKB Kota Padang Panjang, dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Asrul.


Rohika menyebut, pemerintah melakukan penilaian terhadap KLA dengan lima tingkatan, yakni pratama, madya, nindya, utama, dan kabupaten/kota KLA. ''Peringkat itu simbol. Tugas utama KLA adalah peduli anak dalam arti sesungguhnya, adanya perlindungan bago anak, kepentingan anak harus dijaga, dan gugus tugas harus bergerak aktif,'' ujarnya.


Wawako Asrul dalam sambutannya menyaakan, pihaknya mengimbau seluruh OPD terkait saling koordinasi dan saling bahu-membahu mencapai Padang Panjang Kota Layak Anak.


“Menjadi KLA itu tidak gampang, setiap OPD terkait harus saling koordinasi agar KLA ini tercapai dengan baik,” katanya.


Disebutkan, anak merupakan potensi yang sangat penting sebagai generasi penerus masa depan dan penentu kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan menjadi pilar utama pembangunan. Untuk itu perlu ditingkatkan kualitasnya dan bisa mendapatkan perlindungan secara sungguh-sungguh dari semua elemen masyarakat.


Kepala Dinas Sosial PPKBP3, Drs. Osman Bin Nur, M.Si berharap, dengan adanya sosialisasi ini bisa mewujudkan Kota Padang Panjang sebagai KLA. 


“Kegiatan ini bertujuan mewujudkan sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan,” tuturnya.(*)

adsense

×
Berita Terbaru Update