Notification

×

adsense-BAWAH-HEADER

Iklan

PAUD dan Posyandu itu Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

Rabu, 03 Maret 2021 | 08:52 WIB Last Updated 2021-03-03T01:52:30Z

dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP
PADANG PANJANG, fajarharapan.id -- Bunda PAUD Kota Padang Panjang dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP menegaskan,  usia dini merupakan masa emas dalam periode tumbuh kembang anak. Mereka butuh pendidikan yang baik.


''Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah kebutuhan mendasar bagi anak. Perannya sangat strategis,'' ujar Dian, saat memberi sambutan, Selasa (2/3), di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang, pada kegiatan seminar Pay Attention to PAUD.


Menurutnya, anak usia dini akan mengingat apa yang dilihatnya. Ini, tegasnya, dinamakan ciri keemasan. Di periode inilah sangat perlu diajarkan pendidikan, akhlak, moral dan sopan santun.


Tenaga pendidik, sarana dan prasarana, kata Dian, menjadi hal yang sangat utama bagi perkembangan anak usia dini. "Mari sama-sama kita bersinergi dalam mendukung program PAUD ke depan. Semoga dengan adanya seminar ini, dapat mewujudkan PAUD Kota Padang Panjang yang lebih berkualitas," tutupnya.


Pada kesempatan lain, Dian menyebut pula, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) menjadi ujung tombak untuk kesehatan ibu dan anak. Karena di posyandu, ibu dapat mengetahui tumbuh kembang anak, tentang gizi dan pengetahuan stunting anak.


Artinya, bagi anak usia balita dan usia dini, Posyandu dan PSUD menjadi dua hal penting yang tak bisa dihindari.


"Dengan besarnya peran posyandu, saya harapkan para kader posyandu mengerti dan paham tentang peranan dan memiliki pengetahuan tentang posyandu," katanya.


Dian mengatakan hal, saat saat membuka penilaian kader posyandu berprestasi tingkat kota didampingi Kepala Dinas Sosial PPKBP3A Drs. Osman Bin Nur,M.Si, Selasa (2/3), di Aula Dinas Sosial PPKB PPPA.


Bersama Ketua Pokja IV, dr. Faizah dan ahli gizi, Asmayuni, Dokter Dian juga bertindak sebagai juri dalam penilaian ini. 

Sebanyak enam kader posyandu, berlomba untuk menjadi terbaik di Padang Panjang dan akan mewakili kota ini guna berlomba di tingkat provinsi. Enam peserta ini, kata Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Tismaria, SE, M.Si merupakan juara di tingkat kecamatan. Masing-masing kecamatan mengirim tiga kader untuk berlomba di tingkat kota.


Kecamatan Padang Panjang Barat mengirimkan Indra Ariska dari Posyandu Anggrek Ungu, Kelurahan Pasar Usang, Nurul Hidayah (Posyandu Kamboja, Kelurahan Bukit Surungan), dan Heri Marleni (Posyandu Mawar Kuning, Kelurahan Silaing Atas).


Sedangkan Kecamatan Padang Panjang Timur, diwakili Erlinda Musfa (Posyandu Sayang Ibu, Kelurahan Koto Panjang), Nina Afnita (Posyandu Anggrek, Kelurahan Koto Katik) dan Roza Deswita (Posyandu Mawar, Kelurahan Ganting).(*)

adsense

×
Berita Terbaru Update