Notification

×

adsense-BAWAH-HEADER

Iklan

Bukit Sembalun Dibanjiri 3 Ribu Pendaki Setiap Hari, Ini Keunikannya

Sabtu, 27 Maret 2021 | 16:24 WIB Last Updated 2021-03-27T09:24:41Z
Potret suasana pendaki yang menikmati camping di Savana Dandaun


Lombok Timur, fajarharapan.id - Bukit Sembalun, Kecamatan Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) diserbu pendaki. Bukit yang dikenal dengan nama Savana Dandaun dibanjiri pengunjung bahkan setiap harinya mencapai 3 ribu wisatawan.


Savana Dandaun merupakan bukit dengan ketinggian 1.300 MDPL yang kini menjadi sorotan para pendaki baik dari lokal maupun luar daerah.


Berdasarkan paparan salah seorang pengelola bukit tersebut yaitu Ardhi  kepada fajarharapan.id, Sabtu (27/3/2021) mengatakan, jumlah pendaki yang naik sekitar 3 ribu pendaki yang terdiri dari 80 persen pendaki lokal dan 20 persen pendaki luar daerah.


Lanjutnya, bukit ini mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh bukit lain, yaitu tidak terlalu tinggi, dengan ketinggian yang hanya 1300 MDPL bukit ini mampu memiliki daya tarik yang lebih tinggi dari bukit yang lain yang ada di Kecamatan Sembalun Lombok Timur.


Selain dari tingginya yang tidak terlalu menguras tenaga pendaki, bukit ini juga memiliki camp area yang sangat luas dan sumber air yang memadai, sehingga para pendaki pun merasa puas tatkala berkemah di area camp bukit ini.


Dari hasil paparan pengunjung yang tengah menikmati camping di sana Rudi, senang dengan bukit Savana Dandaun ini, namun masih ada satu hal yang dikeluhkan oleh para pendaki yaitu masih adanya kue tar alias kotoran sapi yang menghiasi area camp disana.


Savana Dandaun juga selain dijadikan camp erea oleh pendaki merupakan tempat ternak warga sekitar untuk mengembala sapi.


Untuk para pendaki yang ingin menikmati camping di sini dikenakan tiket biaya masuk Rp15 ribu dan parkir motor Rp5 ribu. (FH)