Notification

×

adsense

Iklan

Ratusan Guru Kuranji Antusias Ciptakan Video Animasi

Rabu, 24 Februari 2021 | 08:24 WIB Last Updated 2021-02-24T01:36:00Z
 Korwil Kecamatan Kuranji Kota Padang, Mursyid serahkan piagam penghargaan kepada nara sumber Axsaris Januar,M,Pd. (ist)

Padang, fajarsumbar.com - Ratusan guru se-Kecamatan Kuranji antusias mengikuti belajar membuat video animasi untuk menunjang pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 di Grand Zuri, Padang, Selasa (23/2).


Belajar pembuatan video animasi itu diikuti 600 guru pada workshop peningkatan kompetensi guru SD dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran masa pandemi Covid-19.


Kegiatan itu diikuti Kelompok Kerja Guru (KKG) se-Kecamatan Kuranji. Pelaksanaan kegiatan KKG terdiri II angkatan. Angkatan I terdiri dari seluruh peserta guru kelas bawah (1,2,3) se-kecamatan Kuranji tanggal 17 s.d. 18 Februari.


Angkatan II Guru kelas tinggi (4,5,6) pada 22 s.d. 23 Februari dan guru bidang studi (PAI, PJOK) pada 24 s.d. 25 Februari 2021. Jumlah seluruh peserta workshop 600 peserta dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.


.

Dari beberapa pemateri yang dihadirkan pada kegiatan workshop tersebut, pembuatan video animasi sangat diminati guru. Sebab mengingat kondisi di tengah pandemi Covid-19, guru lebih banyak belajar daring menggunakan internet.


Tenaga pendidik harus lebih kreatif dengan menciptakan video animasi untuk lebih melancarkan kegiatan proses belajar dan mengajar (PBM) baik di rumah maupun lewat daring, sehingga materi yang diajarkan lebih mudah diserap oleh murid.


Pemateri pembuatan media video animasi berbasis HP android tersebut menghadirkan nara sumber yang juga guru berprestasi tingkat nasional, Exsaris Januar, M.Pd.


Exsaris Januar menyebutkan, salah satu kecakapan abad ke-21 adalah penguasaan teknologi dalam pembelajaran. Guru harus mampu menguasai teknologi. 


Merujuk pada kecakapan abad 21 ini maka tujuan workshop pada sesi pembuatan media, guru diharapkan mampu membuat sebuah media pembelajaran berbasis HP Android. 


"Jadi jika selama ini guru di Kuranji sebagai konsumen video youtube, maka setelah workshop ini guru diharapkan sebagai produsen video pembelajaran animasi," sebutnya. 


Dilihat dari pelaksanaan workshop selama dua angkatan peserta antusias mengikuti kegiatan pembuatan media pembelajaran video animasi. 

Tidak butuh waktu lama sekitar lebih kurang 3 jam, guru-guru hebat asal Kuranji ini mampu membuat media video animasi whiteboard. 


Hasil video langsung ditampilan di depan ratusan peserta workshop. Bahkan ada guru yang sudah bisa memposting hasil videonya di chanel Youtube masing–masing. 


Diakhir sesi Exsaris Januar menutup dengan pernyataan, secanggih apapun teknologi tidak akan pernah menggantikan peran guru, namun guru yang tidak bisa menguasai teknologi akan tergantikan.


Sementara itu, nara sumber lain pada workshop tersebut, dosen berprestasi UNP, Dr.Nofrion, M.Pd dengan materinya, komunikasi dalam pembelajaran serta pembelajaran abad 21. Nara sumber lain dari pengawas SD, Mulyana, M.Pd, Elimar S, Pd dan Titik Susianti, M.Pd.


Workshop KKG Kecamatan Kuranji itu  dibuka Kepala Dinas Pendidikan Padang yang diwakili Kabid Dikdas Syafrizal Syair, S.Pd MM. 


Syafrizal menyatakan, KKG adalah sebagai bengkel atau tempat diskusi untuk memecahkan masalah dan kesulitan yang dihadapi guru. Kemudian memberikan pemecahan masalah dan bantuan serta meningkatkan pemahaman, keilmuan, keterampilan dan pengembangan sikap profesional berdasarkan kekeluargaan dan saling mengisi (sharing).


KKG merupakan suatu kegiatan yang berada dalam suatu komunitas guru di tingkat gugus, kecamatan atau kabupaten/kota. Tujuannnya untuk  menjadikan guru lebih profesional dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. 


Dengan adanya  pendekatan sistem pembinaan profesional, maka KKG diharapkan guru mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran di kelasnya. 


Pelaksanaan Kegiatan KKG Harimau Kuranji tahun ini berbeda dengan KKG tahun sebelumnya. Di bawah inisiasi Koordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Kuranji Drs.Mursyid beserta MKKS Kuranji membuat sebuah gebrakan.


Pada bagian penutup, Korwil Kecamatan Kuranji Mursyid berpesan, jangan hanya berhenti sampai di sini saja berkreasi membuat video.


Mursid yang juga Wakil Ketua 1 PGRI Kota Padang masa bhakti 2021-2025 menambahkan, silahkan para peserta workshop untuk membuat video sekreatif mungkin, sehingga media pembelajaran pada masa Covid-19 dibuat sendiri oleh guru, dan dinikmati sendiri oleh peserta didiknya, serta pakailah prinsip pembelajaran sepanjang hayat (longlife education).(ab)


adsense

×
Berita Terbaru Update