Notification

×

adsense

Iklan

Petugas Dukcapil Datangi Rumah Warga dengan Palang Pintu

Sabtu, 13 Februari 2021 | 09:06 WIB Last Updated 2021-02-13T02:23:56Z

Petugas 'Palang Pintu' saat melakukan perekaman e-KTP di rumah warga.(kominfo pp)

 PADANG PANJANG, fajarharapan.id
-- Sejak layanan bernama 'palang pintu' diperkenalkan, banyak kaum disabilitas dan berkebutuhan khusus merasa terlayani. Mereka senang didatangi petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.


Palang Pintu? Dalam kosa kata masyarakat Minangkabau, itu adalah kayu yang digunakan untuk mengganjal pintu, agar rumah tak dapat dimasuki orang lain tanpa izin penghuninya. Kayu yang dijadikan palang pintu, juga digunakan sebagai senjata bagi penghuni, ketika ada maling atau orang yang berniat tidak baik masuk ke rumah.


Suami-suami yang suka keluyuran dan pulang larut malam, biasanya juga takut dengan palang pintu. Sama takutnya dengan tangkai sapu.


Bukan itu. Palang Pintu di sini merupakan inovasi Dinas Dukcapil Kota Padang Panjang, singkatan dari Pelayanan Langsung ke Pintu Rumah Masyarakat. ''Ini adalah layanan inovatif kita untuk masyarakat disabilitas dan berkebutuhan khusus, terutama mereka yang akan melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau e-KTP,'' ujar Mainis, sang kepala dinas.


Caranya, menurut dia, petugas dari Dinas Dukcapil akan langsung mendatangi rumah warga tersebut. Di situlah, tegasnya, perekaman data dan pengambilan foto untuk e-KTP dilakukan.


''Setiap ada panggilan atau laporan dari masyarakat, atau pun melalui RT, maka tim kita akan menanggapi dengan turun ke rumah warga yang membutuhkan layanan tersebut. Setelah dokumen selesai, petugas yang diberi nama Laskar Dukcapil akan mengantarkannya ke rumah warga itu,'' ujarnya, sebagaimana dikutip dan disiarkan Dinas Kominfo Kota Padang Panjang, Jumat (12/2).


Pola layanan seperti itu, menurutnya, sudah dilakukan sejak 2012 silam. Namun dikemas ke dalam istilah Palang Pintu baru mulai digunakan sejak 2019.


Anda butuh layanan Palang Pintu? Hubungi saja telepon genggam pada nomor 085274663857 dan 085264900519.(*)

adsense

×
Berita Terbaru Update