Notification

×

adsense

Iklan

Pemko Padang Panjang Bahas Peraturan Terkait Kemudahan Izin Usaha

Selasa, 23 Februari 2021 | 17:56 WIB Last Updated 2021-02-23T10:56:55Z

Zoom meeting membahas kemudahan izin berusaha.(kominfo pp)

PADANG PANJANG, fajarharapan.id
-- Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, terus mencari berbagai upaya guna memudahkan izin berusaha. Salah satu kemudahan itu, bernama Online Single Submission (OSS).


Selama ini dalam skala nasional, menurut Bahlil Lahadalia dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), masih ditemukan berbagai kendala di lapangan, terutama menyangkut pelayanan yang kurang cepat, tidak transparan, berbiaya tinggi, dan masih kurangnya keterbukaan.


''Itu menjadi keluhan pengusaha di beberapa daerah. Kini sudah ada Peraturan Pemerintah (PP) tentang penyelenggaraan perizinan berusaha di daerah, penerapannya dikenal dengan OSS. Diharapkan akan memberi kemudahan, dan mendorong tumbuhnya semangat berusaha,'' katanya.


Walikota Padang Panjang yang diwakili Staf Ahli Yas Edizarwin, saat mengikuti rapat koordinasi melalui zoom meeting, Selasa (23/2), mengatakan, pada dasarnya Pemko Padang Panjang siap untuk melaksanakan OSS sesuai arahan instansi terkait.


Yas pada rapat itu didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Ewasoska. Rapat dihadiri Kemenko Bidang Perekonomian, Kemendagri, Menteri Keuangan, dan Kemenkoninfo.


Ewasoska menambahkan, sebenarnya Kota Padang Panjang telah menerapkan pelayanan perizinan berbasis OSS sejak 2018 silam. Lantaran sudah diterbitkan pula PP yang baru berupa pelayanan perizinan berbasis resiko, dia menyatakan, pihaknya siap menyesuaikan diri dan merealisasikannya.


''Kategorinya juga diatur dalam PP baru, yakni perizinan resiko rendah, sedang, dan tinggi. Masih ada pula pengelompokan dari ketiga jenis resiko tersebut,'' sebut Ewasoska.(*)

adsense

×
Berita Terbaru Update