Notification

×

adsense

Iklan

Mendagri Tunjuk Sekda Alwis Jadi Plh Gubernur Sumbar

Jumat, 12 Februari 2021 | 07:50 WIB Last Updated 2021-02-12T00:50:18Z

Mendagri menunjuk Sekda Sumbar Alwis menjadi Plh Gubernur Sumbar


Padang, fajarharapan.id - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Alwis menjadi pelaksana harian (Plh) Gubernur Sumbar.


Hal tersebut sesuai dengan radiogram Mendagri Nomor 121/672/SJ tertanggal 10 Februari 2021 yang ditembuskan kepada tujuh Sekdaprov yang daerahnya melaksanakan Pilgub di Indonesia dengan klasifikasi amat segera.


"Radiogramnya sudah kita terima kemarin. Besok akan dilaksanakan serah terima jabatan," kata Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Sumbar, Iqbal Rama Dipayana yang dihubungi, Kamis (11/2/2021) sebagaimana dikutip pada kompas.com.


Menurut Iqbal, kendati besok merupakan hari libur Imlek, namun serah terima jabatan mesti dilakukan sebelum pukul 24.00 WIB.


Iqbal menyebutkan, Akhir Masa Jabatan (AMJ) Gubernur Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Nasrul Abit akan selesai besok pukul 24.00 WIB.


"Serah terima jabatan nantinya ditandai dengan penandatanganan berita acara. Ini dilakukan sebelum pukul 24.00 WIB," kata Iqbal.


Menurut Iqbal, pihaknya belum mengetahui apakah nanti akan ada Pejabat (Pj) Gubernur atau tidak.


Hal itu juga tergantung dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


"Plh Gubernur batasan waktunya tidak ada, batasannya hanya bisa sampai pejabat definitif dilantik atau sampai Pj Gubermur ditunjuk oleh Kemendagri,” kata Iqbal.


Seperti diketahui, hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar 2020 masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) karena dua pasangan calon melakukan gugatan.


Dua paslon yang menggugat adalah Nasrul Abit-Indra Catri dan Mulyadi-Ali Mukhni.


Sementara hasil pemilihan menetapkan Mahyeldi-Audy Joinaldy sebagai peraih suara terbanyak Pilkada Sumbar 2020. (*)


adsense

×
Berita Terbaru Update