Notification

×

adsense

Iklan

Bupati Asahan Buka MTQ ke-52 Tingkat Kabupaten, Ini Pesan yang Disampaikan

Senin, 15 Februari 2021 | 17:36 WIB Last Updated 2021-02-15T10:36:53Z

.


Asahan, fajarharapan.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc berharap pelaksanaan MTQ tingkat kelurahan dan tingkat kecamatan mampu menyuguhkan nuansa religius dan pesona budaya keagamaan. 


Sehingga masyarakat bisa merasakan bahwa MTQ bukanlah sekedar kegiatan keagamaan tetapi juga sangat erat kaitannya dengan kehidupan sosial.


Hal itu dikatakan,Bupati Asahan,H.Surya BSc dalam pembukaan MTQ ke-52 tingkat Kabupaten Asahan tahun 2021.Pembukaan MTQ ke-52 tersebut digelar di Gedung Tahfidz Mesjid Agung Kisaran, Senin,(15/02-2021).


Menurut Bupati Asahan, harus  disyukuri bahwa dari tahun ketahun kualitas peserta Musabaqah semakin meningkat. Baik dari segi bacaan, hafalan, pengetahuan, tulisan, penampilan dan lain-lain, meskipun belum maksimal.


"Saya berharap  penyelenggaraan MTQ dapat terus dilaksanakan di desa/kelurahan atas prakarsa atau inisiatif masyarakat sendiri. Itu untuk meningkatkan nuansa keagamaan di Asahan,"ujar Surya.


Dirinya berharap  kepada seluruh yang terlibat khususnya para qari, hafidz, dan para penggiat Al-Qur'an untuk terus meningkatkan kualitas para generasi Qur'ani. Yakni,dalam mengasah kemampuan sehingga bukan dari kuantitas, tapi dapat diperhitungkan dari segi kualitasnya.


Ditambahkannya, dianya berharap kepada seluruh kafilah agar  dapat menampilkan kemampuan terbaik. Sehingga pada akhir pelaksanaan akan mendapatkan qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah terbaik dari Kabupaten Asahan.


Nantinya pemenang akan menjadi duta Kabupaten Asahan pada evant seleksi Tilawatil Qur'an tingkat provinsi. "Saya harap kepada Dewan Hakim, esuaikanlah penilaian pemenang dengan ketentuan aturan yang berlaku," tegas Surya mengakhiri.


Sementara itu,Ketua panita pelaksana Drs. John Hardi Nasution, M. Si mengatakan bahwa dasar kegiatan MTQ ini ialah Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor : 11.4-BAG.KESRA/2021 Tanggal 27 Januari 2021.  Yaitu, tentang pembentukan panitia dan penyelenggaraan MTQ ke-52 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021.


Dikatakannya, bahwa kegiatan MTQ tersebut dilaksanakan pada tanggal 15 s/d 19 Februari 2021. Dan rencananya diikuti oleh 725 orang dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan.


Diantaranya, cabang Tilawah Al-Qur'an bertempat di mimbar utama dengan katagori perlombaan golongan Dewasa Putra/Putri 49 orang. Lalu,golongan remaja Putra/Putri 50 orang, golongan anak-anak Putra/Putri 50 orang dan golongan tartil Putra/Putri 50 orang.


Selanjutnya, cabang hifzil qur'an untuk katagori golongan 1 dan 5 juz bertempat di Masjid Agung Kisaran. Selanjutnya, golongan 10, 20, 30 juz diruang Sekretaris LASQI dengan katagori golongan 1 juz dan tialawah Putra/Putri 49 orang.


Seterusnya,golongan 5 juz dan tilawah Putra/Putri 46 orang, dan golongan 10 juz Putra/Putri 33 orang. Lalu,golongan 20 juz Putra/Putri 9 orang dan golongan 30 juz Putra/Putri 6 orang.


Sedangkan, cabang khattil qur'an bertempat di SMP Negeri 2 Kisaran dengan katagori golongan naskah Putra/Putri 43 orang. Lalu,golongan dekorasi Putra/Putri 38 orang, dan golongan hiasan mushaf Putra/Putri 44 orang. 


Untuk cabang fahmil qur'an juga bertempat di SMP Negeri 2 Kisaran dengan katagori cabang fahmil qur'an Putra/Putri 129 orang. Serta cabang syahril qur'an bertempat di Alun-alun Rambate Rata Raya Kisaran dengan Katagori cabang syahril qur'an Putra/Putri 129 orang.


Bagi peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan.  Hadiah berupa piagam, trophy,uang tunai dan diberangkatkan haji bagi peseta terbaik hafiz 30 Juzz.


Secara terpisah,Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin Harahap, SH, MH pada sambutannya mengatakan pelaksanaan MTQ sejatinya adalah berlomba untuk menunjukan kualitas terbaik dalam seni membaca Al-qur'an,. Akan tetapi harus berlomba untuk menjadi yang terbaik ahlak dan prilakunya dalam kehidupan sehari-hari.


Menurutnya,pelaksanaan MTQ selain sebagai sarana menjaga kemurnian Al-qur'an juga adalah sarana dakwah Islamiah. Yakni,menyebarkan syiar Islam melalui lantunan-lantunan merdu ayat-ayat Al-Qur'an, mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah islamiah.


"Semoga dengan mencintai dan memuliakan Al-Qur'an akan menciptakan pengaruh yang positif dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ujar Harahap.


Tampak hadir dalam acara pembukaan tersebut unsur Forkopimda Kabupaten Asahan dan Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan. Selain itu, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, dan Ketua Dharma Wanita Kabupaten Asahan.(Adha)


adsense

×
Berita Terbaru Update