Notification

×

Horizontal

Iklan


Ninik Mamak Kinali Terapkan Aturan Salingka Nagari, Ini Poinnya

Kamis, 14 Januari 2021 | 23:40 WIB Last Updated 2021-01-14T16:40:32Z
Suasana rapat KAN di Kinali, Pasbar, Kamis (14/1/2021).

Pasbar, fajarharapan.id - Ninik mamak di Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar lakukan rapat untuk merumuskan aturan yang bakal dijadikan fakwa di aula kantor KAN setempat, Kamis (14/1/2021).


Rapat yang dihadiri unsur ninik mamak tersebut merumuskan aturan yang disepakati. Rapat itu dimotori Kerapatan Adat Nagari (KAN) tentang peningkatkan paripurna untuk pembahasan tim perumus aturan yang sepakati supaya tim perumus dijadikan fatwa yang akan diterapkan. Ada sembilan poin yang dirumuskan.


Ketua KAN Kinali Nazar Ikhawan menyampaikan tentang aturan Undang Adat sesuai dengan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandikan Kitabullah (ABS-SBK) yang mana aturan adat berlaku selingka nagari untuk ke  depannya.  


"Kita akan terapkan 9 poin aturan di Nagari Kinali, yang pertama masalah pengurusan NA, yang kedua masalah pembuatan supradik, yang ketiga masalah pengambilan ikan larangan tidak dibolehkan meracun dan menyenteum di Dalam sungai, yang keempat pembatasan dalam hiburan Alek nikah kawin,Seperti Orgen tunggal. Artis nya wajib berpakayan Sopan.yang kelima tidak boleh jualan tuak,atau minuman keras memabukan di sekitar lokasi pesta. dan sejenis minuman keras lainnya, yang keenam permasalahan pasar arus di kembalikan tentang pengeloaan nya kepada kenagarian," kata Nazar Ikhawan.


Ia melanjutkan bagi ninik mamak atau cucu kamanakan dan masyarakat melanggar aturan yang sudah disahkan akan diberikan sanksi.


Sementara itu Pj Wali Nagari H.Hartasani mengajak seluruh ninik mamak dan ketua KAN serta ketua Bamus membuat dan merancang aturan-aturan supaya fatwa Adat Basadi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) disepakati.


"Dalam rapat tersebut harus  di buat keputusan bersama antara layin Ninik Mamak ketua KAN Ketua Bamus serta wali nagari kinali harus bersama-sama membuat peraturan ini.ditetapkan untuk kedepannya.


Dalam acara tersebut dihadiri oleh seluruh Unsur Ninik Mamak Kinali, Sarnadi. Majo Sadeo urek tungang Adat kinali.H.horizon Nan Kodo Rajo Mandiangin, Ketua KAN Nagari Kinali Nazar Ikhwan Imbang Langik, Pj Wali Nagari Kinali Hartasani,Ali Azwar, Ketua Bamus Nagari Kinali. (By Roni)

Adsense

×
Berita Terbaru Update