Notification

×

Horizontal

Iklan

Bamus Nagari Kinali Lakukan Rapat Khusus Pembentukan Kepengurusan 2021-2027

Selasa, 12 Januari 2021 | 17:34 WIB Last Updated 2021-01-12T10:34:30Z
Suasana rapat Bamus di Nagari Kinali, Pasaman Barat, Senin (11/1/2021).


Pasbar, fajarharapan.id - Anggota Bamus Kinali melakukan rapat pembentukan struktur ketua, wakil ketua dan sekretaris serta ketua bidang lainya di ruangan Kantor Bamus, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Senin, (11/1/2021).


Dalam rapat tersebut yang di pimpin oleh Mujiyono sebagai anggota yang ditertuakan Bamus dari Dapil 7 Wilayah Kejorongan Limau puruik, Koto Gadang Jaya(KOJA) bersama dengan anggota termuda, Haoloman Lubis SE dari Dapil 5 Wilayah Kejorongan VI Koto Selatan Bandua Balai jorong limpato menyampaikan beberapa fungsi dan tugas Bamus serta melontarkan usulan tata cara pemilihan untuk dibahas dan disepakati.


"Allhamdulilah rapat tersebut berjalan dengan lancar dan sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan," kata Mujiyono. 


Ia melanjutkan setelah melalui diskusi dan berdasarkan usulan dari sembilan anggota Bamus yang hadir pada musyawarah tersebut, disepakati pemilihan dengan mengajukan calon terlebih dahulu lalu dipilih dengan votting tertutup.


"Alhamdullah untuk ketua Bamus jatuh kepada H Ali Azwar M.M, Wakil Ketua  Yurnalis Chan dan Sekretaris Salman Jambak S.E, sedangkan untuk Bindang penyelenggaraan pemerintah Nagari dan Pembinaan kemasyarakatan untuk ketua Elmawati S.Pd, anggota Safrial Dan Zainal Rahab, untuk Bidang pembangunan Nagari dan Pemberdayaan Masyarakat Nagari

ketua Halomoan Lubis S.E anggota Mujiono dan Arlismanto," sebutnya. 


Sementara itu Wali Nagari Kinali H Hartasani M.Pd dalam sambutan menyampaikan rapat khusus bahwa Bamus Nagari selain memiliki tugas,

menggali aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat.


"Tugas Badan Musyawarah Nagari tersebut, termuat dalam Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 tentang BPD, semakin kuat sebagai lembaga permusyawaratan di tingkat Nagari. Sebab Penguatan Bamus ini merupakan amanah dari UU Desa yang ada," kata Hartasani. 


Ia menyampaikan untuk menciptakan hubungan kerja yang harmonis antara Bamus dengan Pemerintah Nagari dan lembaga Nagari lainnya, yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan, Bamus juga ikut berperan aktif tentang pentingnya dalam mewujudkan Nagari nyaman, aman dan damai hingga menjadi lebih baik ke depannya.


Sedangkan ketua Bamus yang baru terpilih Ali Azwar menyampaikan bahwa Badan Musyawarah Nagari atau yang disebut dengan nama lain adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Nagari berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

 

"Dalam upaya meningkatkan kinerja kelembagaan, dan sesuai dengan Permendagri No.110/2016 Badan Permusyawaratan Desa atau Bamus Nagari antara lain mempunyai fungsi, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa atau Nagari dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa atau Nagari, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa atau Wali Nagari," ujar Ali Azwar. (By Roni)

adsense

×
Berita Terbaru Update