Notification

×

adsense

Iklan

Akan Dimulainya Penataan Kota Pusaka Lasem, Pedagan di Alun-Alun Direlokasi

Sabtu, 30 Januari 2021 | 15:57 WIB Last Updated 2021-01-30T08:57:46Z

.


Rembang, fajarharapan.id - Penataan Kota Pusaka Lasem akan dimulai tahun 2021 ini. Saat proses penataan menyentuh alun- alun Lasem, pedagang sementara akan direlokasi ke Desa Karangturi.


Hal itu disampaikan Bupati Rembang Abdul Hafidz seusai menghadiri Forum Group Discussion (FGD) sinergitas pengembangan Rembang sebagai Kota Fashion dengan Lasem sebagai Kota Pusaka, di Pendapa Museum RA. Kartini belum lama ini Rabu, (27/1/2021)


Pihaknya sudah meminta Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Desa terkait relokasi pedagang di depan masjid Jami’ Lasem. Bupati menginginkan gang- gang di Desa tersebut bisa dimanfaatkan para pedagang, agar tetap bisa berjualan saat proses penataan.


Untuk mendukung rencana tersebut, Pemkab telah menyediakan anggaran Rp. 200 juta. Anggaran tersebut nantinya digunakan untuk pembuatan lapak sederhana untuk pedagang.


"Kita ada anggaran sekitar Rp.200 juta untuk menampung itu (membuat lapak sementara-red). Kalau masih kurang nanti pedagang yang menyempurnakan," ungkapnya.


Bupati menambahkan kemungkinan dimulainya pembangunan Kota Pusaka Lasem diperkirakan bulan Maret.


"Ini DED nya baru selesai. Kalau selesai bulan Januari ini. Nanti segera ada proses pelelangan. Kalau pelelangan waktu maksimal misalnya 40 hari, berarti pertengahan Maret, nanti bisa akan kita mulai, akhir maret," imbuh Bupati


Sementara itu Kepala Dinperindagkop Rembang, Akhsanudin melalui pesan singkat  kepada wartawan,Sabtu (30/1/2021) mengatakan telah berkoordinasi dengan Pemdes Karangturi. Saat ini pihaknya tengah melakukan survei dimana tempat yang bisa digunakan lapak sementara pedagang alun- alun Lasem.


"Sudah semua (koordinasi dengan Pemdes Karangturi-red), toko- toko di depan masjid . Itu banyak pedagangnya, kita baru- itung- itung berapa dapat berapa," terangnya.


Penataan Kota Pusaka Lasem sendiri dilakukan bertahap, untuk tahap pertama yaitu penataan alun- alun Lasem akan dibuat ruang terbuka untuk publik seperti taman. (Ag)


adsense

×
Berita Terbaru Update