Notification

×

Horizontal

Iklan


Marc Marquez Bakal Kembali pada MotoGP 2021

Jumat, 25 Desember 2020 | 22:21 WIB Last Updated 2020-12-25T15:21:23Z

ilustrasi


Jakarta, fajarharapan.id - Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, optimistis bisa mempertahankan gelar juara dunia MotoGP pada musim 2021.


Joan Mir sangat percaya diri meskipun kemungkinan akan bertarung melawan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, musim depan.


Pada musim 2020, Joan Mir sukses menjadi juara dunia MotoGP tanpa harus bersaing dengan Marc Marquez.


Marc Marquez terpaksa absen sejak seri kedua hingga akhir musim 2020 setelah mengalami kecelakaan highside pada balapan pembuka, MotoGP Spanyol.


Kecelakaan itu membuat Marc Marquez menderita cedera retak tulang lengan kanan sehingga harus dua kali naik meja operasi sebagaimana dikutip pada kompas.com.


Marc Marquez pada akhirnya harus mengubur mimpinya meraih gelar juara dunia MotoGP ketujuh sepanjang karier balapnya.


Absennya Marc Marquez kemudian dimanfaatkan Joan Mir untuk merebut gelar juara dunia MotoGP 2020.


Joan Mir tampil sangat konsisten dengan koleksi tujuh podium dari 14 seri MotoGP musim 2020.


Musim depan, tantangan Joan Mir untuk mempertahankan gelar juara dunia MotoGP tentu cukup berat.


Sebab, Marc Marquez diprediksi sudah pulih dan siap kembali ke lintasan.


Tidak hanya itu, kaledar MotoGP 2021 diperkirakan juga akan kembali normal tidak seperti musim ini yang hanya menggelar 14 balapan dan menggunakan sembilan sirkuit.


Terkait persaingan musim depan, Joan Mir mengakui akan sangat berat terutama karena Marc Marquez diprediksi kembali.


Namun, Joan Mir tetap optimistis bisa mempertahankan gelar juara dunia MotoGP.


"Saat saya menjadi juara dunia MotoGP 2020, Marc Marquez turut memberi ucapan selamat," kata Joan Mir dikutip dari situs Speedweek, Kamis (24/12/2020).


"Saya berharap Marc Marquez bisa kembali pada saat tes pramusim 2021 atau setidaknya pada balapan pertama. Semakin cepat, semakin baik," tutur Joan Mir.


"Kembalinya Marc Marquez tentu membuat tekanan lebih besar. Namun, saya justru semakin termotivasi. Saya sudah membayangkan bagaimana persaingan dengan Marc Marquez musim depan," ucap Joan Mir.


"Musim ini, saya tampil sangat konsisten. Saya tahu saya bisa melanjutkan penampilan musim lalu. Namun, Marc Marquez juga tidak kalah konsisten," ujar Joan Mir menambahkan.


"Jadi saya harus meningkatkan performa. Kami juga harus meningkatkan level motor kami," tutur Joan Mir.


Awal bulan ini, Marc Marquez kembali naik meja operasi untuk kali ketiga.


Marc Marquez harus menjalani operasi ketiga karena terapi kejut yang digunakan untuk menyembuhkan cedera patah tulang lengan kanannya tidak membuahkan hasil maksimal.


Agenda dari operasi ketiga Marc Marquez adalah memasang pelat titanium baru sekaligus pemindahan/pencangkokan bagian tulang pinggul (yang kaya sel darah merah) ke lengan kanannya.


Setelah operasi ketiga, Marc Marquez diprediksi membutuhkan waktu 12 pekan atau tiga bulan untuk pulih dan bisa kembali balapan.


Marc Marquez tentu harus mempercepat proses pemulihan itu jika ingin tampil pada seri pembuka MotoGP musim depan yang dijadwalkan berlangsung pada 28 Maret 2021 di Qatar. (*)


Adsense

×
Berita Terbaru Update