Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Topan Goni Hempas Filipina

Minggu, 01 November 2020 | 20:00 WIB Last Updated 2020-11-01T13:00:04Z

Topan Goni Hempas Filipina


Manila, fajarharapan.id - Sekurangnya empat orang meninggal dunia akibat topan kuat, Topan Goni yang menerjang bagian selatan pulau Luzon, Filipina, Ahad (1/11/2020) waktu setempat. 


Akibat topan itu, pihak berwenang segera mengeluarkan peringatan kondisi "bencana" di daerah yang paling parah terkena dampak topan.


"Sedikitnya empat orang termasuk seorang anak berusia lima tahun tewas di Provinsi Albay," ujar Gubernur Alfrancis Bichara kepada sebuah stasiun radio lokal, Ahad sebagaimana dikutip pada republika.co.id.


Dua di antaranya adalah korban tenggelam, sementara satu lagi tersapu lumpur vulkanik. Korban keempat tewas tertimpa pohon tumbang.


"Angin sangat kencang. Kami bisa mendengar pepohonan jatuh. Sangat kuat," kata Francia Mae Borras (21 tahun) dari rumahnya di kota pesisir Legazpi di Albay.


Ratusan ribu penduduk telah meninggalkan rumah untuk evakuasi. Kepala keamanan publik provinsi Cedric Daep mengatakan kepada stasiun radio DZBB bahwa atap dua pusat evakuasi robek oleh kekuatan angin. Sementara, seluruh penghuninya pindah ke lantai dasar.


Wali kota Camalig, wilayah dekat Legazpi, Carlos Irwin mengatakan, banjir bandang menggenangi wilayahnya. "Jalan kami banyak puing dari gunung seperti ranting dan pasir, sebagian berasal dari Mayon (gunung berapi). Beberapa jalan tidak bisa dilewati," ujarnya. (*)


×
Berita Terbaru Update