Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pemerintah Jamin Vaksin Covid 19 Aman dan Lolos Uji sebelum Diedarkan

Minggu, 08 November 2020 | 14:08 WIB Last Updated 2020-11-08T07:08:27Z
ilustrasi


Jakarta, fajarharapan.id - Pemerintah memastikan akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan telah lolos uji klinis. Hal tersebut diungkapkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional seiring dengan kesimpangsiuran informasi dan pemberitaan seputar vaksin.


Ketua Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan proses uji klinis dan evaluasi vaksin terus dilakukan demi menjamin keamanan vaksin yang nanti akan diedarkan kepada masyarakat.


"Saya ingin mengimbau agar masyarakat tidak resah dan khawatir, karena pemerintah pasti akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis sesuai rekomendasi WHO [World Health Organization]," kata Wiku dilansir dari laman resmi Satgas Covid-19, Jumat (6/11/2020) sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


Sampai saat ini, WHO optimistis bahwa para peneliti akan mampu mengembangkan vaksin Covid-19 yang aman dan efektif.


"Ada beragam jenis vaksin potensial yang sedang dikembangkan di berbagai belahan dunia dan telah masuk uji klinis fase 3. Dan banyak masyarakat menaruh harapan terhadap ketersediaan vaksin," ujar Wiku.


 Pemerintah sendiri saat ini tengah mengakselerasi persiapan logistik dan SDM untuk persiapan vaksin Covid-19. Pendistribusian vaksin akan disesuaikan dengan urutan prioritas seperti kelompok berisiko serta penduduk dengan risiko wilayahnya.


Tetap Disiplin Protokol 3M

Namun, Wiku berharap agar dalam proses menunggu vaksin tersebut, masyarakat dapat tetap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan virus.


Satgas tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk #ingatpesanibu terus #pakaimasker dengan benar, #jagajarak aman dengan menghindari kerumunan, dan #cucitangan pakai sabun di bawah air mengalir.


"Kami berharap [masyarakat] tidak semata-mata menunggu vaksin dan mengabaikan protokol kesehatan. Untuk saat ini, taat protokol kesehatan adalah satu-satunya jalan terhindar dari Covid-19," pesan Wiku. (*)


×
Berita Terbaru Update