Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Uji Klinis Fase Tiga, 110 Relawan Telah Disuntik Vaksin Covid 19

Sabtu, 22 Agustus 2020 | 09:00 WIB Last Updated 2020-08-22T02:00:02Z
(ilustrasi)

Jakarta, fajarharapan.id - Sebanyak 110 relawan telah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 pada kloter pertama uji klinis fase ketiga yang dilakukan pada pekan ini.

Ketua tim riset uji klinis vaksin Covid-19 Unpad Kusnandi Rusmil mengatakan pihaknya bakal melakukan uji klinis selanjutnya pada pekan depan.

"Sekarang baru 110, nanti masuk lagi minggu depan, karena minggu ini banyak liburnya nanti susah kepantaunya," unar Kusnandi dalam webinar yang disiarkan channel Youtube Katadata Indonesia, Jumat (21/8/2020).

Pekan depan pihaknya menargetkan sekitar 120-an orang untuk disuntikan pada uji klinis vaksin buatan perusahaan asal China, Sinovac, di Bandung yang bekerja sama dengan perusahaan farmasi dalam negeri Bio Farma.

Sementara itu, berdasarkan hasil penyuntikan pada kloter pertama, Kusnandi mengatakan para relawan tidak banyak yang mengalami kenaikan suhu di atas normal.

"Jumlah yang panas itu suhunya tidak terlalu tinggi sekitar 37, 38 koma sekian. Jadi gak menakutkan kaya yang lain sampai 39 misalkan. Selama kemarin 110 orang enggak ada yang sampai 39. Bahkan yang lapor enggak banyak ya," ungkap Kusnandi sebagaimana dikutip pada tribunnews.com.

Seperti diketahui, proses uji klinis dilakukan terhadap 1.620 relawan. Penyuntikan vaksin dilakukan di Balai Kesehatan Unpad dan empat Puskesmas di kota Bandung.

Uji klinis vaksin ini ditargetkan rampung pada Januari 2021 sebelum kemudian diproduksi massal oleh perusahaan BUMN PT Bio Farma.

Adapun proses uji klinis dimulai dengan proses penyuntikan relawan dengan vaksin yang sedang dikembangkan. 

Setelah penyuntikan relawan akan menjalani pemantauan.
Dua pekan kemudian relawan akan menjalani penyuntikan ke dua. Setelah itu, para relawan akan dipantau selama enam bulan. Setelah enam bulan para relawan akan diambil darahnya untuk diteliti.

Uji klinis fase III, merupakan bagian dari pengembangan vaksin tahap akhir untuk mengetahui efektifitas obat atau vaksin terhadap suatu penyakit. Serta melihat efek yang ditimbulkan terhadap tubuh manusia. (*)

×
Berita Terbaru Update