Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

23 Pegawai KPK Positif Covid 19

Jumat, 28 Agustus 2020 | 20:00 WIB Last Updated 2020-08-28T13:00:04Z
(Komisi Pemberantasan Korupsi)
Jakarta, fajarharapan.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan terdapat 10 pegawai lagi yang terkonfirmasi virus corona (Covid-19). Rinciannya, empat orang dari Direktorat Penyidikan dan enam orang dari pegawai outsourching pada biro umum.

Dengan begitu akumulasi pegawai lembaga antirasuah yang positif Covid-19 berjumlah 23 orang. Selain itu, terdapat satu tahanan positif Covid-19 yang saat ini sedang menjalani isolasi di Rumah Sakit Polri Kramat Jati.

"Dari hasil swab 194 pegawai KPK maka per hari ini telah diperoleh informasi ada 10 pegawai yang terpapar virus Covid-19," kata Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam pesan tertulis," Jum'at (28/8/2020).

Ali menyatakan para pegawai yang terinfeksi Covid-19 ini tengah menjalani isolasi mandiri. KPK juga berkoordinasi dengan puskesmas terdekat guna melakukan pemantauan terhadap mereka yang terpapar.

"KPK telah mengambil langkah terhadap para pegawai yang telah terkonfirmasi positif dengan dilakukan isolasi mandiri dan telah dalam pemantauan layanan kesehatan tempat tinggal terdekat," ujarnya sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.

Bertambahnya penyidik yang positif Covid-19, kata Ali, pihaknya memutuskan menjadwalkan ulang pemeriksaan saksi dalam sejumlah kasus. Beberapa pegawai di bidang penindakan juga untuk sementara akan masuk kerja bergantian.

"Namun khusus yang karena keterbatasan waktu penyelesaiannya, sesuai ketentuan UU maka tetap segera diselesaikan dengan protokol yang diperketat," katanya.

Ali menambahkan kebijakan terkait sistem dan jam kerja pegawai pada bidang lainnya segera dievaluasi kembali untuk dilakukan langkah-langkah sesuai protokol kesehatan Covid-19, termasuk menutup sementara Gedung KPK.

"Perkembangannya akan kami informasikan lebih lanjut. Nanti kami update kembali kebijakan yang akan diambil," ujarnya.

Sebelumnya, KPK mengumumkan terdapat sejumlah pegawai dan non-pegawai serta satu tahanan yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

Temuan itu berdasarkan hasil tes swab yang dilakukan oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Kemenkes terhadap sejumlah pegawai dan tahanan KPK.

Salah satu pegawai yang terpapar virus corona adalah penyidik KPK Novel Baswedan. Salah satu penyidik senior lembaga antikorupsi itu positif Covid-19 tanpa mengalami gejala apapun. Ia pun memutuskan melakukan isolasi mandiri. (*)
×
Berita Terbaru Update