Usman Menang Telak Atas Masvidal di UFC 251

Minggu, 12 Juli 2020, 20:00 WIB Last Updated 2020-07-12T13:00:00Z


Kamaru Usman (cnnindonesia.com)
Jakarta, fajarharapan.id - Kamaru Usman berhasil mengalahkan Jorge Masvidal di UFC 251. Berikut kronologi pertarungan tersebut.

Usman sukses mengalahkan Masvidal dengan kemenangan angka mutlak di akhir pertandingan. Tiga juri memberikan kemenangan untuk Usman atas Masvidal dengan masing-masing skor 50-45, 50-45, 49-46.

Berikut kronologi pertarungan Usman lawan Masvidal:
Ronde Pertama
Masvidal lebih dulu agresif dengan melepaskan tendangan dan pukulan. Namun kemudian Usman melakukan takedown pada Masvidal. Dengan posisi di atas, Usman bisa mendaratkan pukulan. Namun Masvidal mengganggu Usman dengan melepaskan pukulan dan tendangan.

Setelah sempat terlepas, Usman kembali coba bergulat melawan Masvidal, namun Masvidal sukses melepaskan diri. Masvidal sukses mendaratkan tendangan lutut sedangkan Usman kembali mencoba melakukan take down.
Masvidal cukup percaya diri dalam standing fight di ronde pertama dan sempat mendaratkan kombinasi pukulan ke kepala Usman.

Ronde Kedua
Masvidal mengawali ronde kedua dengan tendangan namun Usman langsung coba melakukan take down dan membawa laga ke ground fight. Usman membuat Masvidal terpojok ke pagar.

Usman juga melakukan injakan pada kaki sambil sesekali melepaskan tendangan lutut unutk memperlemah kuda-kuda Masvidal. Masvidal tidak hanya diam karena ia juga balas melepaskan tendangan lutut.

Sebelum melepaskan rangkulan, Usman sukses mendaratkan pukulan telak. Hanya beberapa saat pertarungan terbuka, Usman lalu mendekap Masvidal kembali. Dalam posisi berdiri, Usman menyerang dengan berbagai cara, termasuk dengan bahu ke arah dagu Masvidal.

Posisi Masvidal terlihat terjepit namun ia masih memainkan gimmick dengan tersenyum. Di 30 detik terakhir, pertarungan kembali terbuka dan Masvidal coba melepaskan serangan.

Pelipis kanan Masvidal sempat terluka, kemungkinan besar lantaran adu kepala dengan Usman.

Ronde Ketiga
Masvidal yang berupaya menekan tidak dibiarkan terlalu lama oleh Usman melanjutkan pertarungan dalam posisi berdiri. Usman sukses menangkap Masvidal dan mendesaknya ke pagar octagon.

Dengan strategi yang sama, Usman melakukan injakan kepada kaki kiri Masvidal disertai pukulan kecil. Sesaat Masvidal lepas dari rangkulan, Usman pasti kembali mendesak dan menyudutkan Masvidal di pagar.

Wasit sempat menghentikan pertarungan karena Usman melakukan low blow pada Masvidal.

Setelah pertarungan kembali dilanjutkan, Masvidal tidak bisa lama-lama bertahan dalam posisi standing fight karena Usman sukses melakukan take down.

Dengan posisi di atas, Usman sukses melepaskan beberapa kali serangan siku. Usman coba melakukan kuncian pada leher, namun Masvidal bisa bertahan hingga ronde ketiga berakhir.

Ronde Keempat
Usman sudah menyadari dengan jelas bahwa ia bakal unggul bila pertarungan kembali bertarung seperti ronde kedua dan ketiga. Ia menyudutkan Masvidal ke pagar dan kembali mengincar kaki kiri Masvidal dengan injakan.

Masvidal benar-benar kesulitan mengimbangi teknik gulat milik Usman. Ia terus berada di posisi yang tersudut dan kesulitan membalas serangan Usman.

Dalam dua menit terakhir, Masvidal dan Usman sempat bertukar pukulan dalam posisi berdiri. Tetapi Usman kembali menunjukkan keunggulan dalam posisi bergulat.
Masvidal mampu bertahan hingga ronde keempat berakhir.

Ronde Kelima
Kamaru Usman tidak mau kecolongan oleh serangan Masvidal dalam posisi berdiri. Karena itu, Usman kembali melakukan take down setelah ronde kelima berjalan satu menit.

Usman berada di posisi atas mampu leluasa melepaskan pukulan-pukulan. Masvidal coba memberikan perlawanan tetapi upaya Masvidal bisa dimentahkan dengan mudah oleh Usman sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.

Dalam dua menit terakhir, Usman berhasil mengunci leher tetapi Masvidal mampulepas dari hal itu.
Di sisa waktu, Masvidal coba memberikan perlawanan terakhir yang ia mampu. Namun waktu yang singkat tersebut tidak cukup bagi Masvidal untuk menghadirkan kejutan. (*)

Terkini