Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pemkab Pesisir Selatan Tetap Buka SD pada 13 Juli

Senin, 13 Juli 2020 | 09:00 WIB Last Updated 2020-07-13T02:00:02Z
(ilustrasi)

Pesisir Selatan, fajarharapan.id - Abaikan panduan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan soal pembukaan sekolah tatap muka kembali, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat membuka Sekolah Dasar (SD) mulai Senin (13/7/2020).

Padahal dalam panduan Kemendikbud dijelaskan, pembukaan sekolah dimulai paling cepat Juli 2020 untuk SMP dan SMA sederajat.
Sedangkan untuk SD paling cepat dilaksanakan September 2020.

"Iya besok sekolah kita buka kembali mulai dari tingkatan SD, SMP dan SMA sederajat," kata Kepala Dinas Pendidikan Pesisir Selatan Suhendri yang dihubungi Kompas.com, Minggu (12/7/2020).

Suhendri mengatakan alasan dibuka sekolah untuk siswa SD karena faktor risiko.
"Kalau siswa SD tidak sekolah cukup riskan saja. Kita hanya TK dan PAUD saja yang belum dibuka," jelas Suhendri.

Suhendri mengatakan pembukaan sekolah di Pesisir Selatan memakai protokol kesehatan yang ketat.

"Pakai protokol kesehatan yang ketat. Pakai masker, cuci tangan dan waktu belajar diperpendek. Selain itu isi lokal (kelas) setengah dari kapasitas," jelas Suhendri.

Suhendri mengaku hingga saat ini semua sekolah mengaku sudah siap menjalankan pembukaan sekolah baru untuk Senin (13/7/2020) besok.

"Sampai sekarang seluruh sekolah menyatakan sudah siap buka sekolah kembali. Kalau ada belum siap, kita tidak memaksakan," kata Suhendri.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai memberikan kelonggaran terkait kegiatan belajar mengajar (KBM) meski berada di tengah pandemi corona. 

Kemendikbud merilis untuk tingkat SMA dan SMP, pembukaan sekolah di masa transisi paling cepat dilakukan pada Juli ini dan pada masa kebiasaan baru paling cepat September 2020 sebagaimana dikutip pada kompas.com.

Seterusnya, tingkat SD paling cepat dimulai September di masa transisi dan November untuk masa kebiasaan baru.
Terakhir untuk PAUD, paling cepat dimulai pada November 2020 (masa transisi) dan Januari 2021 (masa kebiasaan baru). (*)

×
Berita Terbaru Update