Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Negara G20 Sepakat Kerja Sama Pengembangan Vaksin Covid 19

Senin, 27 Juli 2020 | 01:00 WIB Last Updated 2020-07-26T18:00:01Z
(ilustrasi)
Jakarta, fajarharapan.id - Negara G20 menyepakati kerja sama pengembangan vaksin dan obat-obatan Covid-19 yang mudah diakses dan terjangkau. Selain itu, G20 juga menyepakati kerja sama untuk mempercepat pemulihan ekonomi global.

Kesepakatan itu diungkapkan dalam pertemuan virtual Extraordinary G20 Sherpa ke-2 yang digelar pada Jumat (24/7/2020) lalu.

Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rizal Affandi Lukman menjelaskan pertemuan itu membahas perkembangan penanganan Covid-19. 

Rizal sendiri bertindak selaku Sherpa G20 Indonesia serat turut menghadiri pertemuan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Rizal menyampaikan sejumlah langkah extraordinary yang ditempuh Indonesia untuk menangani dampak pandemi Covid-19.

"Dari aspek kesehatan, Indonesia terus mendorong peningkatan kerja sama dalam rangka penemuan vaksin dan penyaluran obat-obatan yang mudah terjangkau dan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat," ujarnya dikutip dari keterangan resmi, Minggu (26/7/2020).

Sejalan dengan penanganan kesehatan, lanjut Rizal, pemerintah juga memperhatikan aspek pemulihan ekonomi nasional. Hal ini dilakukan guna melindungi dan menjaga stabilitas perekonomian nasional, melalui penyaluran bantuan sosial bagi warga terdampak dan peningkatan kemampuan pelaku usaha sektor riil dan sektor keuangan sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.

Pertemuan kali ini dipimpin Sherpa G20 Arab Saudi yang memegang presidensi G20 tahun ini. Pertemuan ini juga dihadiri oleh seluruh Sherpa negara G20, serta perwakilan dari organisasi dan lembaga kerja sama keuangan dan pembangunan regional serta internasional. (*)

×
Berita Terbaru Update