MotoGP Spanyol 2020: Quartararo Raih Kemenangan Pertama di Jerez

Senin, 20 Juli 2020, 05:00 WIB Last Updated 2020-07-19T22:00:06Z


(ilustrasi)

Jakarta, fajarharapan.id - MotoGP Spanyol 2020 berakhir manis untuk Petronas Yamaha SRT. Fabio Quartararo berhasil meraih kemenangan pertama di MotoGP di sirkuit Jerez.

Dalam balapan sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020) malam WIB, Quartararo menjadi yang tercepat setelah melahap 24 lap dengan catatan waktu 41 menit 23,796 detik.

Start dari posisi start terdepan, Quartararo tak menjalani balapan dengan mudah. Dia gagal start dengan mulus, sempat disalip Maverick Vinales dan Marc Marquez.

Meski begitu, MotoGP Spanyol 2020 sepertinya ditakdirkan menjadi milik Quartararo. Marquez kehilangan keseimbangan di tikungan keempat pada lap ketiga hingga tercecer.

Vinales juga kesulitan mengendalikan motor karena pemilihan yang salah. Quartararo pun meraih kemenangan pertama.

Penantian Quartararo meraih kemenangan pertama di MotoGP pun berhenti di balapan ke-20. Keseluruhan, dia mencatatkan 8 podium dan 8 pole position.

Jalannya Balapan
Maverick Vinales mampu melakukan start bagus. Pada tikungan pertama, dia ada di posisi terdepan. Marc Marquez menyusul kemudian. Fabio Quartararo ada di posisi keempat setelah juga dilewati Jack Miller.

Vinales nyaris terjatuh di tikungan kedelapan. Ban belakangnya bergoyang seakan bakal kehilangan cengkeraman.

Marquez mampu melakukan overtake atas Vinales. Momen itu terjadi pada lap kedua MotoGP Spanyol 2020.

Saat balapan menyisakan 21 lap, Marquez mengalami bencana. Saat menikung, dia nyaris terjatuh, hingga motor Marquez sampai melebar ke gravel. Saat kembali ke lintasan dia ada di posisi ke-18. Vinales kembali ada di posisi terdepan.

Quartararo naik ke posisi kedua. Di lap kelima, dia berhasil mendahului Jack Miller.
Qurtararo meraih posisi terdepan! Dia menyalip Vinales pada lap ketujuh.

Saat balapan tinggal menyisakan 10 lap lagi, Quartararo sudah berjarak 3,282 detik dari Jack Miller. Rider Prancis itu semakin dekat dengan kemenangan pertama di MotoGP.

Marquez perlahan-lahan naik. Dia ada di posisi keempat saat balapan tinggal menyisakan 6 lap lagi. Baby Alien lantas Jack Miller satu lap kemudian untuk merebut podium ketiga dari setelah sempat turun ke posisi 18. Quartararo sudah unggul 5,060 saat balapan sudah menyisakan 5 lap.

Marquez terpelanting! Balapan tinggal menyisakan 4 lap lagi, Marquez kehilangan keseimbangan hingga berguling-guling di tikungan keempat. Marquez gagal menyelesaikan balapan sebagaimana dikutip pada detik.com.

Di sisa MotoGP Spanyol 2020, Quartararo tak terbendung. Rider 21 tahun itu menjadi juara seri pertama MotoGP 2020. (*)

Terkini