Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Marc Marquez Absen di MotoGP Andalusia

Minggu, 26 Juli 2020 | 09:00 WIB Last Updated 2020-07-26T02:00:14Z
(ilustrasi)

Jakarta, fajarharapan.id - Juara dunia MotoGP yang memperkuat tim Repsol Honda, Marc Marquez, gagal beraksi pada seri kedua MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol. Seri kedua bertajuk MotoGP Andalusia tersebut bakal berlangsung pada Minggu (26/7/2020). 

Tim Repsol Honda secara resmi mengumumkan Marc Marquez akan absen pada penyelenggaraan MotoGP Andalusia esok hari. Keputusan tersebut diumumkan oleh pihak MotoGP secara langsung di Twitter. 

Dalam pengumuman tersebut, akun MotoGP juga mengugggah foto bertuliskan pernyataan Presiden Repsol Honda, Alberto Puig. "Kami tak ingin mengambil risiko lebih jauh. Marc Marquez tidak akan balapan besok (Minggu)," kata Puig. "Marc merasa lebih buruk pada Q1. 

Lebih baik tak mengambil risiko apapun. Ia menunjukkan usaha keras untuk kembali ke sini dan berusaha," tutur Puig lebih lanjut kepada para wartawan MotoGP. "Namun, kami telah mengambil keputusan benar." Sejatinya, Marc Marquez sudah turun di Sirkuit Jerez dalam FP3 dan FP4 MotoGP Andalusia. 

Hasilnya kurang memuaskan. Pebalap 27 tahun itu berada di posisi buncit, yakni ke-19 (FP3) dan ke-16 (FP4). 

Kemudian pada sesi Kualifikasi 1 (Q1), Marquez juga tak menyelesaikan satu lap setelah turun ke lintasan pada Sabtu (25/7/2020). Kamera televisi menangkap Marc Marquez melakukan outlap pada sesi-sesi awal Q1 di Sirkuit Jerez tersebut. 

Namun, sang juara dunia delapan kali tak menyelesaikan lap tersebut, memarkir motornya di pit, dan langsung ke bagian belakang garasi tim Repsol Honda tanpa berkomunikasi dengan para teknisi. 

Kamera kemudian mengikuti pria berusia 27 tahun itu langsung menuju ke trailer tim Repsol Honda. Baca juga: Hasil FP4 MotoGP Andalusia, Pebalap Jepang Kembali Memimpin, Marc Marquez Belum Stabil Beberapa saat kemudian, bos Repsol Honda, Alberto Puig masuk ke trailer sama. 

"Saya tengah bertanya-tanya dan informasi yang didapat adalah ia merasakan sakit sehingga tidak dapat melanjutkan," tutur Simon Crafar, pitlane reporter di MotoGP. 

Kamera televisi kemudian menunjukkan Marquez keluar dari trailer tim Repsol Honda dengan pembengkakan di lengan kanan sang rider, lokasi cedera yang ia terima setelah terjatuh di sirkuit sama akhir pekan lalu sebagaimana dikutip pada kompas.com.

Keputusan tak membalap ini menjadi kali pertama Marc Marquez berstatus DNS (tidak memulai balapan) sejak MotoGP 2011 di Sepang, Malaysia. (*)



×
Berita Terbaru Update