Mulai 15 Juni, Arab Saudi Terapkan Larangan Kerja Siang Hari

Minggu, 14 Juni 2020, 13:00 WIB Last Updated 2020-06-14T06:00:05Z


(ilustrasi)

Riyadh, fajarharapan.id - Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Arab Saudi mengumumkan pada hari Jumat kemarin bahwa mereka akan melarang pekerjaan di bawah matahari - dari jam 12 malam. sampai jam 3 malam - selama tiga bulan. 

Larangan tersebut, yang mencakup semua perusahaan dan perusahaan sektor swasta, mulai berlaku pada 15 Juni (Senin) dan akan berlanjut hingga 15 September 2020.
Kementerian mengatakan keputusan itu bertujuan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan pekerja dan karyawan di sektor swasta. Ini sejalan dengan komitmennya untuk menyediakan lingkungan kerja yang sehat dan aman serta menghindarkan mereka dari risiko dan bahaya apa pun sebagai bagian dari keselamatan dan pertimbangan kesehatan kerja.

Keputusan itu mengecualikan pekerja di perusahaan minyak dan gas, serta pekerja pemeliharaan darurat. Sektor ini bisa dilakukan asalkan tindakan yang diperlukan diambil untuk melindungi mereka dari bahaya terpaan sinar matahari langsung.

Kementerian meminta pengusaha untuk mengatur jam kerja dan menerapkan apa yang ditetapkan dalam keputusan ini, karena kementerian berusaha untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman dari berbagai bahaya pekerjaan sebagaimana dikutip pada ihram.co.id.

Kementerian juga bertujuan untuk meningkatkan tingkat efisiensi dan sarana pencegahan sehingga mengurangi cedera dan penyakit akibat kerja dan melindungi pekerja dari kecelakaan, yang akan tercermin dalam meningkatkan dan meningkatkan tingkat produksi. (*)

Terkini