Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Covid 19 di Indonesia Tak Unik, Temuan Vaksin Apapun Bisa Dipakai

Jumat, 19 Juni 2020 | 09:00 WIB Last Updated 2020-06-19T02:00:10Z
(ilustrasi)

Jakarta, fajarharapan.id - Para peneliti di seluruh dunia saat ini sedang berlomba menciptakan vaksin untuk virus Corona. Banyak di antaranya ada yang sudah memasuki tahap uji klinis.

Prof Ngurah Mahardika seorang ahli virologi dari Universitas Udayana Bali menyebut bahwa vaksin apapun yang ditemukan nantinya akan dapat dipakai di Indonesia. 

Karakteristik virus Corona yang ada di Indonesia dinilainya tidak mempunyai perbedaan yang signifikan dengan virus Corona di dunia.

"Virus (Corona) Indonesia itu tidak unik, jadi bibit vaksin dari manapun di dunia akan berkhasiat di Indonesia data sementara," kata Prof Ngurah di siaran langsung BNPB, Kamis (18/6/2020).
Menurutnya, ketidakunikan ini terjadi karena tidak adanya keturunan virus Corona yang berubah di Indonesia. Bahkan dari beberapa virus Corona yang diidentifikasi di Indonesia memiliki kesamaan karakteristik dengan virus yang terdapat di kota asalnya yakni Wuhan.

"Ada beberapa virus yang bahkan persis dengan Wuhan (EJ-ITD853Sp, JKT-EIJK02, MND-EIJK06), ada yang berbeda tetapi tidak banyak," sambungnya sebagaimana dikutip pada detik.com.

"Ini artinya ada multiple introduction. Jadi berkali-kali masuk ke Indonesia dan datanya masih sedikit sehingga keturunan virus yang berubah di Indonesia belum kita punya," tutupnya. (*)

×
Berita Terbaru Update